Kerajinan manik adalah kerajinan merangkai manik menjadi suatu perhiasan sebagai pelengkap busana atau hiasan tambahan. Kerajinan manik Dayak sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat Dayak Kalimantan Barat. Salah satunya adalah kerajinan manik dari Dayak Taman di daerah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Kerajinan manik ini mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri dilihat dari bentuk, corak atau ragam hiasan motif yang melekat pada manik tersebut. Selain itu warnanya juga terlihat cerah, sehingga enak dilihat mata. Pokoknya ngejreng dan indah. Cocok untuk menemani penampilan anda yang cantik dan elegan.

Manik Dayak sekarang tidak hanya berkembang dikalangan masyarakat Dayak Taman saja, namun juga berkembang di beberapa suku atau subsuku Dayak dibelahan Borneo Barat. Penggunaannya bukan hanya sebagai tambahan hiasan, bahkan beberapa diantara motif tersebut mengandung filosofi kehidupan masyarakat pembuatnya. Artinya selain mengandung nilai keindahan dan keunikan, manik Dayak juga mengandung filosofi keihidupan yang berkaitan dengan adat dan kepercayaan masyarakat Dayak itu sendiri.



Pembuatan manik dayak cukup rumit dan bisa memakan waktu lama. Apalagi kalau kita memesan motif khusus dalam bentuk gambar besar. Belum lagi ketika motif itu mengandung kerumitan bentuk. Biasanya pembuatan manik ini bisa memakan waktu beberapa hari, seminggu, bahkan bisa sampai beberapa bulan baru jadi. Tergantung besar dan tingkat kerumitan dari bahan yang ingin dibuat. Makanya wajar kalau harganya juga agak mahal, karena harga itu akan sesuai dengan keindahan, kerumitan, dan filosofi yang terkandung dalam manik tersebut.
Tidak ada kata mahal untuk suatu karya seni, karena kamu tidak dapat membeli kindahan itu menggunakan uang. Dia hanya bisa dinikmati oleh orang-orang yang berjiwa besar dan mencintai kaindahan itu sendiri.



Kerajinan manik Dayak Kalbar ini biasanya dikerjakan oleh ibu-ibu. Namun sebagian anak-anak perempuan Dayak juga diajarkan membuat manik untuk menambah pengetahuan dan mengisi waktu luang mereka. Oh ya... hampir lupa, bentuk kerajinan manik dayak ini berupa kalung, gelang, tas wanita, dompet, sarung mandau, topi khas Dayak, peci Dayak, taplak meja, baju, sampai pada sarung dan aksesoris lainnya. Anda juga bisa memesan desain khusus sesuai keinginan, karena manik tidak hanya untuk wanita, maun ada juga hiasan untuk laki-laki, kecil maupun dewasa. Banyak bentuk, banyak warna, dan banyak pilihan sesuai selera. Pokoknya dijamin indah, unik, dan cocok untuk dikoleksi. Tertarik? silahkan hubungi kami.

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments