Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Petualangan Menjelajah Riam Tapsa Bengkayang

Pengantar untuk Petualang Riam Tapsa

Riam Tapsa adalah salah satu riam yang terdapat di kawasan gunung Bawakng Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Riam Tapsa merupakan riam tujuh tingkat yang memendam keindahan alami pegunungan dan hutan tropis, sehingga keasriannya masih terjaga hingga sekarang. Riam Tapsa mempunyai tujuh tingkat dan dipercaya sebagai tempat pemandian tujuh bidadari. Bentuknya yang berundak seakan mengisyaratkan sebuah tahta raja, dimana masing-masing tingkat mempunyai batu datar dan pemandangan yang sangat menarik untuk dinikmati. Selain itu alam hutan Kalimantan dengan curah hujan yang cukup tinggi membuat tempat itu terasa dingin dengan balutan misterinya. Sebuah undakan tahta raja dengan segala kemegahan. Inilah yang membuat riam tapsa pantas disebut sebagai riam bidadari dengan segala keindahan mempesona. Hebatnya keindahan itu akan menyambut anda ketika anda menginjakkan kaki di Riam Tapsa.


Akses Menuju Riam Tapsa

Akses menuju Riam Tapsa dimulai dari Pontianak menuju Kabupaten Bengkayang memakan waktu sekitar 4 jam. Perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dengan kondisi jalan bagus. Selanjutnya bagi anda yang baru pertama sekali bertualang di sana, sangat disarankan menggunakan jasa penunjuk jalan. Anda bisa menggunakan guide orang setempat yang sangat mengetahui kondisi alam gunung bawakng dimana Riam Tapsa berada. Hal ini untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Bisa saja anda malah tersesat atau diganggu makhluk halus penunggu gunung bawakng jika berangkat tanpa bantuan masyarakat setempat. Selain itu, dengan menggunakan masyarakat setempat, setidaknya mereka tau tentang adat dan larang di daerah Riam Tapsa. Anda juga bisa berakrab ria dengan masyarakat di sana, yang jelas masyarakatnya sangat bersahaja dan ramah. Jadi bisa menjadi teman perjalanan mengasikkan bertualang dirimba gunung bawakng menuju Riam Tapsa.



Perjalanan dari Kabupaten Bengkayang menuju desa lumar berkisar 20 menut lalu mendaki gunung bawakng menuju Riam Tapsa sekitar satu hari. Oleh karena itu disarankan anda menginap diperjalanan. Ditengah jalan ada tempat perhentian yang bisa dijadikan tempat menginap. Sederhana  tapi sangat mengasikkan bagi petualang. Disepanjang perjalanan kebanyakan anda akan disuguhi pohon besar, binatang eksotik, dan suara gemericik air yang berbaur dengan nyanyian binatang hutan. Sehingga ini akan menjadi musik alam (sound scape) yang akan menghantar petualangan menjadi semakin menarik. Jangan berpikir lelahnya ya gan, karena lelah anda akan terbayar ketika menginjakkan kaki di Riam Tapsa. Saya yakin anda akan terpesona dengan keindahan alamnya dan takjub melihat kemolekan pemandangan Riam Tapsa. Jadi tidak ada alasan bagi jiwa petualang untuk mengeluh. Pastinya anda akan mendapat dua petualangan, mendaki gunung bawakng yang keramat dan penuh misteri, memeluk keindahan Riam Tapsa yang jarang disaksikan banyak orang. Jadi, kapan lagi mau bertualang seru ke Riam Tapsa. Tentunya susah di dapat di daerah lain, selain di Bengkayang Kalimantan Barat.


Kemanjaan di Wilayah Bawah Riam Tapsa

Setelah turun dari Riam Tapsa, anda dapat memanjakan diri mandi dengan bocah-bocah kecil yang lucu, lugu, bersahaja, dan sangat baik hati untuk mandi bersama dan bersenda gurau. Anda akan dibuai kemanjaan sebenarnya, dimana kemanjaan itu akan menerbangkan anda  ke masa kecil yang akan dirasakan dan hidup kembali dengan semangat hari-hari anda. Itulah keindahan dan keseruan petualangan ke Riam Tapsa Bengkayang Kalimantan Barat. Jangan lupa setelah bertualang, kami menunggu anda dengan kopi hangat kami. Dengan ketulusan kami tunggu cerita petualangan anda dimalamnya kota Pontianak. Karena kami sadar, bahwa disetiap petualangan ada cerita dan keseruan berbeda yang tidak dirasakan oleh semua orang. Keseruan itu ada di Riam Tapsa.




Dokumentasi Petualangan ke Riam Tapsa

Dari pada panjang lebar, lebih baik anda menyaksikan video NEGERI INDONESIA salah satu program TVRI. Semoga video ini bisa membangkitkan jiwa petualang banyak orang menuju Riam Tapsa. Video ini juga dimotori oleh kawan-kawan MAKUMPALA (Mahasiswa Hukum Pecinta Alam) Universitas Tanjungpura Pontianak. Tidak lupa kami masyarakat planet borneo mengucapakan banyak terima kasih atas videonya. Tidak lupa juga kepada admin tukang keker atas izin videonya. Semoga usaha kita semua dalam mempublikasinyan keindahan alam borneo dan memajukan pariwisata kalbar agar dapat memberi pencerahan, serta diganjar berkah kebaikan dunia akhirat. Amin Allahumma amin. Mungkin durasi video agak panjang, tapi saya yakin anda akan menikmatinya. Selamat menyaksikan.


Special Tanks to All Members : Sumber Video RIAM TAPSA SURGA TERPENDAM DI BENGKAYANG Channel TUKANG KEKER - Program Acara TVRI Facebook NEGERI INDONESIA - Creative Crew MAKUMPALA Universitas Tanjungpura Pontianak - Sumber Foto Tukang Keker