Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Terong Asam Dayak

Terong Dayak

Terong asam Dayak termasuk dalam tumbuhan terong-terongan dan sudah pasti bukan cabe-cabean. Terong Dayak termasuk dalam keluarga Solanaceae (suku terung-terungan). Menurut perkiraan para ahli botani (bukan ahli mesin yang biasanya kerja bengkel ya gan) terdapat sekitar 1.500 spesies yang kebanyakan tumbuh dikawasan tropika dan sub-tropika. Dari jumlah tersebut hanya 25 spesies terdapat di Asia Tenggara dan Hanya 5 sampai 7 Spesies yang dimakan dan ditanam. Asal usulnya tidak jelas dan kebanyakan hidup liar di Asia Tenggara, Papua New Guinea dan Amerika Selatan. Sedangkan di Indonesia terdapat di Kalimantan dengan rasa masam yang lumayan kuat, sehingga terong Dayak sering dimanfaatkan sebagai bahan sayur asam dan campuran sambal.


Sumber foto : selerasa.com

Penamaan Unik Terong Asam Dayak

Beberapa tempat mempunyai penyebutan unik dan berbeda terhadap Terung Asam Dayak, tapi tetap satu jua, yaitu Terung Asam Dayak (ngambil prinsip bhinneka tunggal ika… hee). Terung Asam Dayak ini dipanggil dengan nama Terung Pasai (Brunei),Terung asam atau Cung Bulu (Indonesia), Terung Dayak, Terung Iban, Terung Asam (Malaysia), khua khon (Laos), tabanburo, tagatum (Filipina), sinkade (Myanmar), mapu, yongkuidi (Vietnam) dan muuk (Thailand).


Sumber foto : Blog UMY

Pola Tumbuh Tanam Terong Asam Dayak

Terung Asam Dayak jarang ditanam melainkan tumbuh liar disekitar rumah atau kebun, tanaman ini memliki tinggi hanya 0,5 sampai 1 meter, keseluruhan pokok tanaman terdapat duri dan berbulu halus. Daun berbentuk bujur tetapi tepinya bercuping-cuping tiga segi . Permukaan bawah daun lebih pucat dan sepanjang urat daun berduri, kelopak bunga puting yang berbulu halus. Buah Terong Dayak ini mempunyai diameter sekitar 2 sampai 3 cm. Warnanya hijau ketika masih muda dan berwarna kuning ketika masak.


Sumber foto : crop from youtube

Terong Dayak akan berbunga ketika berusia 3 sampai 4 bulan setelah ditanam. Cuaca panas dan lembab pagi hari akan membuka kelopak bunga kisaran 2 sampai 3 hari. Buah akan muncul sekitar 2 sampai 3 bulan setelah pembungaan hingga matang dan kemudian dipetik apabila warnanya kuning. Terung dayak setelah dipetik langsung dikonsumsi atau dijual karna hanya bertahan 1 sampai 2 hari dan akan bertahan hingga 1 minggu bila disimpan di tempat sejuk setelah dipetik.


Sumber foto : vemale.com

Khasiat Terong Asam Dayak

Kegunaan dan Khasiat buah terong asam Dayak bisa digunakan sebagai pengganti asam untuk gula lemak ikan. Selain itu, buah terung ini merupakan pasangan makan bersama sambel belacan.bulu pada buah boleh dibuang terlebih dahulu dengan menggunkan sabut kelapa, biji dan akar terung berkhasiat sebagi obat, biji digunakan untuk mengobati sakit gigi, rebusan akar digunakan sebagai air mandi untuk mengobati demam dan dibuat untuk campuran obat luka, gatal-gatal serta sakit badan.

Sumber : http://blog.umy.ac.id/supriyadi/2011/11/25/sicantik-kuning-solanum-ferox-linn/
Sumber foto utama : http://www.theborneopost.com/2013/05/31/efforts-to-promote-terung-dayak-praised/