Serba serbi budaya, tempat wisata dan adat istiadat dayak borneo

Benarkah Mandau Senjata Tradisional Dayak Kalimantan?

Antara mandau dan bukan mandau

Mandau senjata tradisional suku Dayak? Sebenarnya senjata tradisional masyarakat Dayak itu mempunyai banyak jenis, dan tidak semuanya mandau. Saya tidak tau dari mana asalnya orang bilang bahwa senjata suku Dayak itu mandau? yang jelas sejak SD sampai sekarang orang hanya mengenal bahwa senjata suku Dayak adalah mandau. Padahal di beberapa sub suku Dayak di Kalimantan mempunyai senjata berbeda. Misalnya pada sub suku Dayak Kanayatn di Kalimantan Barat, mereka mempunyai senjata tradisional bernama Tangkitn. Sejenis Parang Pendek dengan gagang melengkung ke atas dan tidak bergagang kayu seperti biasanya. Gagangnya hanya di balut kain merah dan senjata tradisional ini cenderung lebih pendek dari mandau.


Tangkitn - Sumber Foto Kaskus
Ada yang bilang bahwa Tangkitn itu adalah mandau juga, tapi lebih pendek atau lebih kecil. Persepsi seperti itu saya bilang salah. Tangkitn tetap tangkitn, sedangkan mandau tetap mandau dengan keunikan tersendiri. 
Sementara pada suku Dayak Taman, mereka mempunyai senjata tradisional Nyabur. Bentuknya seperti parang namun agak melengkung. Pada bagian depan (ujung senjata) kebanyakan tidak berbentuk atau diukir seperti mandau. Senjata tradisional Dayak Taman ini lebih mendekati kepada parang lantik (parang lais di Banjarmasin).


Nyabur - Sumber Foto GPS Wisata Indonesia

Sementara masyarakat Banjarmasin malah senjata tradisionalnya adalah parang bungkul dan parang lais yang notabene sangat berbeda jauh dengan mandau. Masih banyak lagi senjata tradisional masyarakat Dayak Kalimantan selain mandau. Lalu mengapa orang banyak mengetahui bahwa senjata suku Dayak Kalimantan adalah mandau? Penjelasannya begini gan.


Parang Lais - Sumber Foto Goedang Jadoel


Parang BUngkul - Sumber Foto Murah Antik

Senjata mandau itu ada pada semua bagian atau wilayah di Kalimantan, artinya mandau itu terdapat di semua provinsi yang ada di pulau Borneo, walaupun tidak semua suku Dayak mempunyai mandau sebagai senjata tradisional. Namun kebanyakan dari suku atau sub suku Dayak itu bersenjatakan mandau. Selain itu mandau merupakan senjata yang umum dimiliki oleh kebanyakan masyarakat Dayak. Oleh karena itu, akhirnya mandau diakui sebagai senjata khas Dayak. Namun jangan disamaratakan bahwa semua suku Dayak itu senjatanya mandau.
Mandau sebagai senjata khas Dayak Kalimantan itu benar untuk beberapa suku atau sub suku Dayak, namun tidak semua Dayak senjata tradisionalnya adalah mandau.

Mandau - Sumber Foto Wiki Media

Peletakan persepsi mengenai mandau

Penjelasan saya tidak menganggap bahwa mandau bukan senjata tradisional Dayak. Namun yang perlu digaris bawahi bahwa mandau tidak mutlak dimiliki dan diakui sebagai senjata tradisional Dayak secara keseluruhan, karena tidak semua suku atau sub suku Dayak itu senjata tradisionalnya mandau. Penjelasan ini hanya meletakkan pada tempatnya persepsi yang kebanyakan salah dimata masyarakat luar. Sah-sah saja bila ada orang berpendapat senjata tradisional Dayak itu mandau, tapi ingat tidak semua Dayak senjatanya mandau. Sekali lagi tulisan ini bukan menyalahkan, tapi mencoba meletakkan persepsi sebenarnya.

Demikian penjelasan mandau dan posisinya sebagai senjata khas Dayak Kalimantan. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan bisa mencerahkan kebenaran persepsi sesungguhnya. Jika ada salah dan kekurangan mohon dikoreksi dan saya menerima masukan yang membangun. Bila ada kebenaran dan kebaikan itu semata-mata dari Allah SWT. Salam Budaya.

Tambahkan Komentar Sembunyikan

UPDATE VIA EMAIL

© 2017 Planet Borneo - Template Created by goomsite And Otomologi- Proudly powered by Blogger