Friday, February 9, 2018

Menjelajahi Keindahan Kepulauan Karimata

Kepulauan Karimata terletak terletak di Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat yang berstatus Suaka Alam Laut (SAL) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kehutanan No. 2240/DJ/I/1981 tanggal 15 Juni 198 dengan luas sekitar 77.000 hektare. Kepulauan Karimata mempunyai keindahan kawasan pantai dan laut biru yang dibalut kekhasan tumbuhan, satwa, dan ekosistem dilindungi agar berlangsung secara alami, serta terdiri dari dataran rendah sampai dataran tinggi berkisar 1030 meter di atas permukaan laut. Di beberapa pulau di kawasan kepulauan karimata mempunyai pemandangan unik dan indah, sehingga kepulauan ini banyak menarik minat wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya. Biasanya mereka datang menggunakan yatch dan mengarungi beberapa pesisir kepulauan sambil beristirahat. Sayangnya pemerintah belum maksimal memfungsikan kepulauan karimata menjadi salah satu objek wisata, sehingga tempat ini jarang di ketahui oleh wisatawan Indonesia sendiri.


Menjelajahi Keindahan Kepulauan Karimata
Sumber foto cemaru.com

Kepulauan Karimata mempunyai dua pulau besar, yaitu Pulau Karimata dan Pulau Serutu, serta sembilan pulau kecil lainnya, seperti Pulau Kelumpang, Pulau Buluh, Pulau Belian, Pulau Busung, Pulau Segunung, Pulau Genting, Pulau Serungganing dan Pulau Kera. Pulau Karimata memiliki beberapa tipe ekosistem, mulai dari tipe ekosistem terumbu karang, hutan pantai, hutan mangrove, sampai dengan tipe ekosistem perbukitan tinggi dengan potensi flora yang terdiri dari ragam jenis tanaman laut dan tumbuhan tingkat tinggi yang tumbuh di atas bukit.

Menjelajahi Keindahan Kepulauan Karimata
Sumber foto mongabay.co.id

Begitu pula untuk jenis fauna kepulauan karimata, mulai dari fauna perairan laut, sampai dengan fauna perairan air tawar, darat, dan udara. Melihat dari letaknya yang terpisah dari Pulau Kalimantan Besar (Borneo), diperkirakan jenis fauna yang terdapat pada kawasan ini banyak yang tergolong endemik (spesial karena hanya ada pada suatu daerah tertentu saja dan tidak ditemukan wilayah lain diseputaran pulau karimata), diantaranya yang baru terdata antara lain Duyung (Dugong–dugong), Tuntong (Batagurbaska), dan Kura-kura Gading (Olitia borneensis), orang utan dan anggrek hitam.

Menjelajahi Keindahan Kepulauan Karimata
Sumber foto sinarharapan.net

Terdapat beberapa obyek wisata menarik di Kepulauan Karimata yaitu: Pantai Pulau Datuk, Lubuk Baji, Bukit Mendale, dan Kepulauan Karimata, tepatnya di Desa Betok dan Desa Padang yang menawarkan panorama bawah laut indah untuk snorkling dan selam. Dipulau karimata juga terdapat Taman Nasional Gunung Palung (TNGP). Selebihnya tinggal anda mengenal sendiri keindahan kepulauan karimata. Jadi, kapan mau menjelajahi keindahan kepulauan karimata?

Menjelajahi Keindahan Kepulauan Karimata
Sumber foto travel.kompas.com

Sumber tulisan dan foto utama Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Bagikan

Jangan lewatkan

Menjelajahi Keindahan Kepulauan Karimata
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.