Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

5 Wisata Air Terjun Menakjubkan di Kabupaten Landak Kalbar

Wisata Air Terjun Kabupaten Landak Kalimantan Barat

Wisata air terjun dengan pemandangan menakjubkan di Kabupaten Landak Barat memang tidak ada habisnya kalau dibicarakan. Dari beberapa wisata air terjun yang ada Kabupaten Landak mempunyai keunikan masing-masing, dan mempunyai spot indah tersendiri yang sanggup memanjakan liburan pengunjung menjadi momen menyenangkan. Wisata air terjun menakjubkan ini juga bisa menggelitik sensasi petualangan yang bakal kamu ingat sepanjang masa. Semua air terjun masih alami dengan pemandangan hutan dan pegunungan menawan. Berikut beberapa tempat wisata air terjun menakjubkan di Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Oh ya, Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak Kalimantan Barat merupakan kecamatan yang memiliki air terjun terbanyak di Indonesia, yaitu sekitar 12 air terjun dalam satu kecamatan.
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Dayat dan kawan-kawan MAPETA atas videonya, semoga berkah untuk dijadikan referensi penyebaran pengetahuan kekayaan alam Wisata Air Terjun di Kabupaten Landak Kalimantan Barat

Air terjun riam dait

Wisata air terjun riam dait terletak di Desa Skendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Air terjun riam dait terdiri dari tujuh tingkat, dimana masing-masing air terjun mempunyai letak tersendiri dalam satu lokasi. Artinya riam dait tidak menyambung, namun terpisah tempat walau masih dalam satu alur air terjun dengan fanorama dan keindahan tersendiri. Jarak tempuh sekitar 7 sampai 8 jam dari kota Pontianak. Baca artikelnya disini.



Air terjun banangar

Wisata Air terjun bananggar terletak di desa Merayuh, kecamatan air besar, Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar sekitar 60 meter. Air terjun banangar ini terkenal disebut juga niagara kecilnya Kalimantan Barat. Jarak tempuh dari Pontianak 7 jam perjalanan.


Sumber foto Kaskus Okkidar

Air terjun bedawan

Wisata Air Terjun Bedawan atau Air Terjun Bedawat berada di Desa Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Air Terjun Bedawan merupakan air terjun dengan tipe multi-step sehingga memiliki banyak undakan air terjun dengan ketinggian sekitar 200-400 meter diatas permukaan air laut. Lokasinya yang terletak ditengah hutan membuat pemandangan di sekitarnya yang merupakan hutan hujan Kalimantan yang masih sangat alami. Air terjun bedawan mempunyai 5 tingkat dengan pemandangan yang sangat indah. Jarak Tempuh dari kota Pontianak sekitar enam atau tujuh jam.


Sumber foto Pasang Mata

Air terjun tarinting

Wisata Air terjun tarinting juga terletak di daerah Serimbo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Tepatnya di ujung Dusun Engkangin dan Dusun Jambo (Dua Dusun ini merupakan checkpoint untuk pengunjung memulai pendakian ke Air Terjun Terinting). Air terjun tarinting juga bertingkat seperti riam dait dengan eksotika keindahan yang mempesona. Diusulkan menempuh perjalanan menggunakan motor, karena ada beberapa akses jalan yang tidak bisa dilewati mobil. Jarak tempuh sekitar 8 sampai 10 jam dari kota Pontianak.


Sumber foto Tarinting

Air terjun unga

Wisata air terjun unga atau air terjun unge berada di Dusun Biang, Desa Sempatung Lawek, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Air Terjun Unga memiliki lebih dari 10 undakan. Diprediksi ketinggian total air terjun ini mencapai 200 mter. Dari undakan ketiga maka bisa melihat 3 undakan lain secara langsung setinggi total 150 meter. Lokasinya ditengah hutan dengan pemandangan hutan hujan Kalimantan yang masih alami. Meski terletak di Desa Sempatung Lawek namun air terjun ini lebih mudah diakses dari Desa Dango Aji. Lama perjalanan dari Pontianak sekitar 7 jam.



Itulah beberapa 5 tempat wisata air terjun menakjubkan di Kabupaten Landak. Sebenarnya di Kecamatan Air besar itu sendiri masih ada air terjun sekitar 8 atau 10 dengan keindahan dan kunikannya masing-masing. Sayang jaraknya teramat jauh dan perjalanan bisa memakan waktu berhari-hari, jadi saya hanya share yang ini saja. Wisata air terjun ini sudah dikunjungi beberapa orang setempat dan warga malaysia, thailand, brunei darussalam, dan singapore. Rata-rata pengunjung ke 5 wisata air terjun itu adalah petualang dengan perjalanan panjang melelahkan untuk sampai kelokasi air terjun. Makanya air terjun di Kabupaten Landak sampai sekarang masih terjaga keasliannya dan dibiarkan berkembangan dengan alamnya oleh masyarakat setempat. Berikut video eksotisme riam dait dari kawan-kawan MAPETA.



Sumber video youtube channel fh_hidayat bersama kawan-kawan MAPETA

Jadi kapan kita berkunjung ke 5 wisata air terjun menakjubkan di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Kami tunggu sapa sahabat dan petualangan anda di bumi enggang khatulistiwa. Mari kita ngopi dan berbagi cerita tentang cinta, tentang alam raya, tentang kebesaran Yang Maha Kuasa, dan tentang petualang kita di wisata air terjun Kabupaten Landak diantara bisik liar keindahan rimba. Kami tunggu anda bersama asa petualang membara.

Advertiser