Rahasia Hidup Sehat Suku Dayak

rahasia Suku Dayak bisa hidup sehat sampai tua karena mereka mengkonsumsi makanan higienis yang didapat dari hutan dan tanaman itu tumbuh secara alami. Artinya mereka memanfaatkan kandungan kimia alami (bawaan) dari tumbuhan itu sendiri, sehingga tubuh orang Dayak tidak terkontaminasi zat kimia olahan yang sangat rentan merusak kekebalan tubuh. Kesimpulannya, Suku Dayak hidup sehat bersama alam. Salah satu tumbuhan yang banyak dikonsumsi masyarakat Dayak Borneo Barat dan sekitarnya adalah Bawang Dayak yang sangat bagus untuk kesehatan dan dapat mengatasi berbagai penyakit kronis.

Bentuk dan Khasiat Bawang Dayak

Bawang Dayak Borneo (eleutherina palmifoila L. Merr) dikenal dengan sebutan bawang sabrang, bawang berlian, bawang kampung, bawang hantu, dan bawang kambe, dan bawang hutan. Bawang Dayak memiliki umbi merah berdaun hijau berbentuk pita. Sedang bunganya berwarna putih kecil (ada juga bwang dayak dengan umbi berwarna putih). Bawang Dayak mempunyai kandungan senyawa kimia alami untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti kangker payudara, untuk menurunkan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes militus), melancarkan darah, melancarkan ASI, mengatsi penyakit kuning, bisul, disentri akut, memberishkan paru-paru, menurunkan kolesterol, menyembuhkan luka, stroke, sampai ada yang mempercayainya dapat menghindarkan dan mengusir setan. Bawang Dayak tumbuh liar di hutan tropis borneo, terutama wilayah berbukit. Kelebihannya dapat beradaptasi disemua iklim dan rentang waktu panen sekitar 3 sampai 4 bulan, sehingga tumbuhan ini sebenarnya dapat dibudidayakan dalam skala besar. Jadi, Bawang Dayak adalah rahasia Suku Dayak bisa hidup sehat sampai tua.



Kandungan kimia alami Bawang Dayak

Rahasia Suku Dayak hidup sehat sampai tua dengan Bawang Dayak karena umbinya memiliki kandungan alkaloid, glikosida, flavanoid, fenolik, steroid, dan zat tanin yang merupakan sumber olahan obat biofarmasi. Kandungan kimia alami tersebut dapat berfungsi menetralkan berbagi masalah kesehatan, seperti penurun kadar glukosa darah, anti mikroba, dan menetralkan asam lambung. Sementara kandungan senyawa polifenol atau anti oksidan mampu mereduksi (mengurangi) resiko penyakit kanker dan jantung. Flavanoid dapat digunakan sebagai zat anti kanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi reaksi penyakit kardiovaskular, serta dapat menghambat radikal bebas pada tubuh manusia. Bawang Dayak juga mengandung alisin yang berkhasiat menurunkan tekanan darah. Kandungan lainnya seperti naphtoquinones berfungsi sebagai obat alami anti kanker dan antioksidan. Jadi, karena kandungan kimia alami ini Suku Dayak bisa hidup sehat sampai tua. (Kutipan tidak langsung: Mitalom, 15 April 2017)

Cara Pengolahan Obat Bawang Dayak

Suku Dayak Borneo mengkonsumsi Bawang Dayak kebanyakan dijadikan campuran mengolah bumbu. Mereka mengkonsumsinya sejak kecil, sehingga dalam tubuh orang asli Borneo terbentuk kekebalan alami karena sintesa zat kimia yang terolah sendiri secara alami pula. Olah kerna itu rata-rata Suku Dayak bertubuh sehat, jarang sakit, dan masih kuat sampai umur tua. Sementara untuk obat, mereka mengolahnya dengan melembutkan bawang tersebut lalu mencampurnya dengan ramuan lain. Ada orang mengatakan, Bawang Dayak dihaluskan lalu direbus menggunakan gula aren dan sedikit garam. setelah mengental rebusan itu didinginkan, dan nantinya di seduh dengan air panas untuk obat sehari-hari. Cara umum lainnya, orang Dayak mengiris bawang itu tipis-tipis lalu mengeringkannya. Bahan yang sudah kering dapat di konsumsi dengan cara fmencampurkan dalam air putih atau teman makan sehari-hari. Dengan cara ini, tanpa sadar mereka sudah mengolah Bawang Dayak menjadi obat untuk kekebalan tubuh mereka dari berbagai penyakit kronis. Mereka hidup sehat dengan cara sederhana, namun sangat efektif untuk kekuatan imun dalam tubuh.




Banyak orang berpikir kalau sakit baru berobat, Sedangkan Suku Dayak menjaga kesehatan secara alami dari hasil bumi borneo secara rutin selama hidup. Mereka tumbuh bersama alam borneo secara sederhana, memanfaatkan sumber makanan hutan yang tumbuh subur dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Artinya mereka menjaga kesehatan tubuh dengan makanan alami disekitarnya. Tanpa sadar mereka sudah membangun kekuatan dan kekebalan tubuh secara alami. Jadi, ini rahasia suku dayak bisa hidup sehat sampai tua.



Sumber foto : Soeara Moeria - Tribun Kaltim - Bawang Dayak

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments