Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Pulau Cantik Itu Bernama Randayan

Keindahan Pulau Randayan

Pulau Randayan adalah salah satu pulau kecil yang terletak di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Pulau Randayan merupakan salah satu pulau di kepulauan Lemukutan Besar yang terletak Laut Cina Selatan dan bagian timur pulau Kalimantan. Pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Kalimantan Barat yang menawarkan keindahan alam dan kehidupan bawah laut yang masih alami. Pulau ini juga menyediakan pemandangan laut dan wisata bahari unik. Suasana tenang dan keunikan pemandangan Pulau Randayan sudah diakui banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Alhasil banyak juga yang memanfaatkan Pulau Randayan ini menjadi tujuan bulan madu atau hanya sekedar mengistirahatkan diri dari segala kepenatan aktifis kehidupan. Laut biru, pasir putih, suasana tenang dan indahnya alam sekitar, dan bahasa damai yang di bawa laut keperaduan syurga kecil ini seakan membawa kita menyatu dengan nyanyian damai kehidupan pada petualangan di alam berbeda. Sebuah lantunan puisi indah yang jauh dari hiruk pikuk peradaban.


Sumber foto kumpulanwisata.com

Letak Pulau Randayan tidak jauh dari Kota Singkawang, jadi Kalau ke Pulau Randayan, kita dapat sekalian jalan-jalan menikmati fakta unik Kota Singkawang. Jalan-jalan juga ke Danau Biru Singkawang. Atau kalau mau enak lagi tanggal 28 Februari pas ada perayaan cap go meh singkawang dengan festival tatung. Jadi sekali liburan dapat banyak destinasi wisata yang dijalani. Kan bisa hemat uang perjalanan. Yang jelas sekali liburan dapat borongan tempat dan keindahan wisata borneo. Kalau masih ada wakttu dan cukup tenaga, kita jelajah eksotika keindahan riam marum di Bengkayang. Selanjutnya baru nginap satu malam di atas bukit jamur sambil menikmati lautan awan. Enak kan liburan murah sekaligus kebanyak tempat?


Sumber foto indonesiakaya.com

Akses ke Pulau Randayan

Akses menuju Pulau Randayan dari Pontianak menuju Teluk Suak di Bengkayang. Perjalanan memerlukan waktu sekitar 3 jam. Bisa ditempuh dengan motor atau mobil dengan kondisi jalan mulus dan bagus. Pokoknya kinclonglah gan. Dari Teluk Suak naik kelotok atau kapal air menuju Pulau Randayan. Biasanya angkutan air menuju Randayan beroperasi sekitar jam 8 pagi sampai jam 11 siang waktu setempat. Alternatif lainnya anda bisa menyewa kapal kalau berangkat rombongan. Karena kalau anda sewa kapal, anda dapat melihat dulu sekeliling Pulau Randayan sambil cari spot indah untuk berkemah di pulau tersebut. Jangan khawatir bos, ongkosnya murah. Patokannya perorang kisaran 75.000 rupiah, kalau naik kapal. Kalau naik kelotok, perahu mesin sekitar 35.000 rupiah. Itu harga untuk pulang pergi ya gan, anda diantar nanti dijemput lagi sesuai kesepakatan. Selanjutnya tinggal tawar menawar harga pas tancap gas.


Sumber foto indonesiakaya.com

Kegiatan di Pulau Randayan

Ngomongin kegiatan di Pulau Randayan, banyak yang bisa dilakukan di sana. Yang jelas santai sambil menghibur diri. Namanya juga liburan, masa kerja keras sambil menghitung data pemasukan kantor atau mengerjakan laporan kantor. Kan jadi gak asik banget gan. Tapi kalau kepepet sambil  ngerjakan kegiatan luar juga, diakalin aja biar liburannya gak tawar dan tidak membawa kebahagiaan sama sekali. Anda bisa camping (berkemah). snorkling, berenang, jeprat jepret pose cantik (asal jangan foto bugil aja, dilarang!!!), nyanyi-nyanyi (yang suara sumbang mending diam), keliling pake perahu, dan banyak lagi yang bisa bikin asik. Saya percaya ide kreatif anda akan muncul ketika sampai di Pulau Randayan.



Fasilitas di Pulau Randayan

Fasilitas di Pulau Randayan banyak gan, seperti penginapan, penyewaan alat menyelam dan snorcling, ada penyelenggara bakar ikannya juga sama malam keakraban kalau anda ambil paket wisata, jelajah pulau sekitar Randayan. Semua harga murah alias bersahabat dengan kocek. Kalau mau asik, ya nginapnya di tenda aja dekat rumah penduduk. Makan tinggal pesan sama penduduk, dijamin lebih murah dan merakyat. Terus jalin keakraban dengan penduduk, pasti kamu kalau malam di kasih ikan hasil tangkapan mereka, atau di ajak keliling-keliling di daerah sekitaran Pulau Randayan. Kan lumayan buat menghemat pengeluaran.
Kalau kawan-kawan ada yang bawa sarung, kain, atau baju kaos buat anak-anak di sana gan. Gak usah baru, yang penting layak pakai. Kalau udah dikasih langsung seger melihat senyum polos mereka. Itu juga salah satu keindahan yang tersembunyi di Pulau Randayan.
Nah masalah keindahan dalam saduran pujangga, insya Allah saya share kemudian. Mau cerita banyak tentang Pulau Randayan gak asik dan gak jadi kejutan lagi nantinya. Takut juga saya kalau ceritanya gak sesuai kenyataan. Karena indah itu masalah hati, dan hanya bisa dirasakan oleh mereka yang hatinya dipenuhi cinta. Heeedddeeehhh.... jadi sok romantis akhirnya. Udah ahh... nanti lagi disambung cerita keindahan Pulau Randayan di tulisan selanjutnya. Jadi kapan mau ke Pulau Randayan? Kita bercerita tentang petualangan cinta dan segelas kopi di sana. Saya bersama teman-teman siap menunggu kedatangan kalian di Pulau Randayan.



Sumber foto utama Backpacker Akhir Pekan

Advertiser