Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Madu Hutan Kalimantan Barat

Madu lebah liar hutan kalimantan barat

Madu hutan Kalimantan barat dihasilkan oleh lebah madu apis dorsata. Lebah madu ini dikenal sebagai lebah madu raksasa. Apis dorsata juga dianggap sebagai lebah madu paling produktif. Perbedaannya dua kali lebih produktif dan lebih besar dari lebah madu ternak Apis melifera. Lebah madu hutan Kalimantan barat ini hanya membuat satu sarang yang biasanya menggantung pada pepohonan tinggi dan tebing jurang dengan ketinggian 10 meter sampai 20 meter. Besaran sarangnya mencapai 1 sampai 3 meter dengan berat bisa mencapai 20 kilogram. Dalam satu pohon bisa terdapat banyak sarang madu lebah liar apis dorsata. Jadi sekali panen bisa mencapai 200 kg madu dalam satu pohon. Lebah madu apis dorsata ini juga dapat membuat sarang dan madu dalam waktu 2 sampai 3 bulan setelah sarang dipanen. Artinya dua kali lebih banyak dibanding lebah madu ternak yang biasanya dipanen 6 bulan sekali.


Sumber foto Agen Madu Asli

Penghasil madu hutan kalimantan barat

Madu hutan kalimantan barat paling banyak ditemukan di daerah Danau Sentarum. Disana juga ada kelompok masyarakat pekerja madu lebah hutan kalimantan. Mereka mengolah atau memisahkan madu dari sarang dengan cara tradisional, tidak menggunakan alat modern dan tidak menggunakan campuran apapun, sehingga madu terjamin keasliannya. Madu hutan danau sentarum terbukti sangat baik untuk kesehtan dan yang jelas madu sangat dianjurkan dalam pengobatan islam. Madu lebah hutan kalimantan barat ini juga mempunyai kelebihan dapat mencegah dan menetralisir bakteri merugikan yang masuk ke dalam madu (tetap hiegenis), sehingga menjadikan madu hutan kalimantan ini semakin lama disimpan kwalitasnya semakin baik dan tidak mempunyai batas kadaluwarsa.

Kelebihan madu lebah liar kalimantan barat

Madu lebah liar hutan Kalimantan Barat yang dihasilkan dari nektar apis dorsata berasa manis dan baunya lebih tajam. Selain itu kadar air dalam madu hutan borneo cukup tinggi, sekitar 24-26%. Hal ini karena lokasi pembuatan sarang lebah madu liar hutan borneo ini berada dialam terbuka yang setiap kali terkena paparan cuaca lembab bahkan basah. Namun begitu, madunya lebih manis dan lezat. Kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada madu lebah ternak. Di dalam madunya pun terkandung bee pollen dan propolis yang tidak tercampur racun pestisida, karena lingkungan hidupnya dihutan Kalimantan dan dianggap madu paling organik.

Harga madu hutan kalimantan barat

Madu lebah hutan Kalimantan biasanya jauh lebih mahal karena proses pengumpulan madu lebah hutan borneo terjadi secara alami. Harganya berkisar dari 40 ribu rupiah sampai jutaan rupiah, tergantung kualitas dan kemasan (takaran). Tapi umumnya dipasaran hanya beredar madu dengan kisaran 40 ribu sampai 300 ribu rupiah. Hal ini karena cara hidup lebah hutan kalimantan barat lebih bebas (bukan pergaulan bebas ya gan) untuk mencari makan dan kaya dengan kandungan panghasil madu dari makanan alami tersebut. Selain itu madu hutan kalimantan dicari di hutan kalimatan pada beberapa pohon tinggi. Proses pengambilan madu penuh resiko, sehingga wajar kalau harga madu hutan kalimantan lebih mahal ketimbang madu ternak atau madu biasa.


Sumber foto Mongabay

Kandungan dan manfaat madu hutan kalimantan barat

Kandungan madu hutan borneo adalah air, gula (fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa), mineral, Vitamin (B1, B2, B5, B6, C), asam pantotenat, boitin, asam folat dan Enzim. Dari kandungan tersebut, madu hutan Kalimantan barat termasuk sebagai madu terbaik untuk dikonsumsi untuk kesehatan. Hal ini karena madu hutan Kalimantan barat mempunyai Kelebihan gula alami (gula invert). Selain iut madu lebah liar kalimantan barat ini juga memiliki susunan kimia yang sangat sederhana, segera berasimilasi dengan darah, Segera menghasilkan energi tanpa melalui proses pencernaan, mengandung senyawa aktif yang disebut enzim diastase tinggi yang sangat bagus untuk menetralisir bakteri merugikan yang terdapat dalam tubuh manusia, dan menjadikan tubuh kebal dari berbagai penyakit.

Membedakan madu hutan kalimantan barat asli dengan palsu

Tuangkan madu lebah liar hutan borneo ke dalam gelas, kira-kira setinggi 1cm. Kemudian tuangkan kuning telur kedalamnya. Bila kuning telur berubah menjadi agak keputihan (karena matang), maka madu itu asli. Cara lainnya, tuangkan madu kalimantan ke atas kertas kira-kira satu sendok makan. Kalau rembesan airnya melebar banyak berarti itu bukan madu kalimantan. Selanjutnya tuangkan madu ke atas pasir, maka madu kalimantan barat tidak akan membasahi pasi, tapi merekatkan pasir pada madu dan tidak merembes. Tes lainnya adalah dengan menuangkan madu pada gelas berisi air, madu hutan kalimantan akan mengendap di bagian bawah, sedangkan madu palsu akan larut bersama air. Masih banyak cara lainnya. Insya Allah nanti saya share.


Sumber foto Berkah Khair

Sudah cukup kayaknya kita ngomongin madu hutan kalimantan. Lebih baik anda rasakan sendiri kelezatan dan manfaat madu kalimantan barat ini, kemudian ceritakan dikolom komentar planet borneo. Salam sehat bersama madu hutan kalimantan barat.



Referensi : Blog Manfaat - Mr. Darsata Organio - Hernis Mantel - Madu Hutan Kalimantan
Sumber foto : Flicker - Agen Madu Asli - Mongabay - Berkah Khair

Advertiser