Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Kemegahan Perahu Tambe dengan Bendera Warna Warni

Wajah Perahu Tambe

Perahu tambe adalah perahu hias khas Dayak Taman dan Tamambaloh.. Perahu ini terbuat dari duah buah perahu kecil yang digandengan menjadi satu, lalu bagian atasnya di beri alat papan dan dibuatkan penutup seperti atap rumah sederhana dibagian tengahnya. bagian belakang masing-masing perahu sekarang sudah menggunakan mesin bermotor untuk memudahkan perjalanan dan tidak membuang tenaga. Sementara awak perahu tambe biasanya menggunakan pakaian adat kebesaran suku Dayak masing-masing.
Terima kasih kepada Sampulo Digital atas sumbangan foto-fotonya, semoga bermanfaat untuk penyebaran informasi Budaya Kalimantan Barat.


Disamping kiri kanan perahu tambe ditancapkan bendera warna warni yang membuat perahu terlihat semarak penuh warna warni. Biasanya masyarakat Tamambaloh menancapkan Tambe Laki (bendera laki-laki panjang) dan Tambe Bainge (bendera perempuan pendek), sebagai penggambaran kehidupan manusia dan kerukunan hidup keduanya. Selain itu bendera ini juga merupakan identitas kesukuan.

Lambang penghormatan dan kemegahan budaya

Perahu tambe kebanyakan digunakan untuk mengantar pengantin atau dipakai dalam upacara adat tertentu, seperti mengantar jemput tamu dan orang yang dihormati. Pada beberapa kesempatan, masyarakat Dayak Taman dan Tamambaloh membawa alat musik dayak dalam perahu dan memainkan dalam perjalanan, sehingga suasana menjadi lebih meriah. Hal ini menandakan kalau ada hajatan besar dan sebagai ekspresi kegemberian dalam acara tersebut. Selain itu untuk menghormati tamu yang mereka bawa bersama perahu tambe. Inilah sebuah penghormatan sekaligus lambang kemegahan budaya masyarakat Taman dan Tamambaloh Kalimantan Barat.



Perahu tambe untuk wisata air

Perahu tambe merupakan perahu yang unik dengan kemegahannya menyusuri sungai di Kalimantan Barat. Peluang wisata sebenarnya dapat di oleh dengan memanfaatkan perahu tambe sebagai aset wisata air, yaitu dengan memanfaatkannya menjadi transportasi wisatawan menikmati pemandangan sungai. Mengingat wilayah Kapuas Hulu mempunyai banyak keindahan dan keunikan habitat sepanjang sungai, sehingga keberadaan perahu tambe dapat terus lestari dan kekayaan panorama alam Kalimantan Barat dapat dikenal secara luas oleh wisatawan.



Kini perahu tambe masih bertahan ditengah arus zaman. Sementara kita semua yang katanya bijak terhadap budaya sendiri hanya tertunduk dalam perenungan. Jangan sampai perahu tambe hanya menyisakan foto usang dan sepenggal cerita pada anak cucu kita.



Sumber foto Sampulo Digital