Friday, December 29, 2017

Begini Cara Saya Jualan Online Harga Murah

Trik Jualan Online Harga Murah

Salah satu daya tarik produk jualan online adalah harga murah tapi kualitas bagus. Bagaimanapun pembeli online akan membandingkan harga dibeberapa tempat, jadi pembeli cenderung mengambil barang dengan kualitas sama tapi harga lebih murah. Logika dan kenyataannya seperti itu mutlak terjadi dihampir semua transaksi. Sekarang saya akan jelaskan bagaimana trik saya jualan online dengan harga murah. Walau hasilnya tidak terlalu besar, tapi trik ini sempat memberikan saya tambahan uang belanja yang tidak sedikit. Ini kisah saya.

trik Jualan Online Harga Murah
Foto utama by Gheget

Akal-akalan Bernama Cash Back

Tahun 2014 saya mulai jualan online kecil-kecilan. Walau perencanaannya sudah ada sejak tahun 2012, tapi terkendala kesibukan akhirnya baru bisa jualan online tahun 2014. Barang pertama yang saya jual adalah alat musik tradisional. Hal ini karena saya seorang komposer musik daerah, maka saya mempunyai banyak teman dan sanggar yang membutuhkan alat musik tradisonal Dayak atau Melayu di Kalimantan Barat. Termasuk juga alat musik dari daerah lainnya.

Singkat cerita saya mendatangi para pembuat alat musik tradisional dan menawarkan diri menjadi reseller, kalau bahasa kerennya kerja dibidang marketing, hehehee. Modal saya hanya memberanikan diri untuk mengurus penjualan yang langsung melalui saya, tapi dengan sistem persen. Saya berhasil mendapat harga spesial dan persen yang lumayan. Jadi pembelian melalui saya bisa lebih murah disbanding orang beli langsung keagen. Bingung kan ente? Begini penjelasannya.

Saya dapat persen sekitar 10 persen dari total harga alat. Hasilnya saya bagi dua dengan pembeli saya. Jadi saya ambil 5% dan pembeli dapat cash back 5%. Alhasil saya bisa menjual dibawah harga agen. Jadi agen tidak rugi dan pembeli bisa mendapat komisi cash back dari saya. Hal ini tentunya sudah saya rundingkan dengan pihak pembuat atau agen.

Jelasnya begini, kalau ada yang membeli keagen langsung, misal harganya 20 juta. Saya tidak mendapat apa-apa. Tapi kalau membeli melalui saya harga akan sama, nanti saya mendapat uang komisi sebesar 10% atau 2 juta. Nah uang dua juta inilah yang saya bagi dengan pembeli. Secara otomatis orang banyak berbelanja melalui saya. Para pembuat atau agen itu tidak mengenal banyak pengguna atau pemusik, jadi saya lebih kenal mereka dan saya bisa memasarkannya dengan baik.

Simsalabim 10% Dari Harga Agen

Satu hal yang perlu anda ketahui, kebanyakan harga agen saya naikkan 10 persen. Ini untuk jaga-jaga kalau ada penawaran harga dari pihak pembeli. Kalau pembeli dari jalur pengadaan barang pemerintah hal itu dianggap murah dibanding spek barang lengkap dan bagus yang dapat saya sediakan. Kelebihan harga dari harga agen itu menjadi milik saya kalau saya berhasil menjualnya. Konsekuensinya, saya mengurus packing, saya urus pengiriman, dan saya juga yang mengurus segala surat menyuratnya. Jadi agen terima bersih uang penjualan tanpa mengeluarkan biaya apapun walau sebenarnya pengiriman dibebankan kepada pembeli. Agen saya tinggal ongkang-ongkang kaki sambil senyum. Heheheee.
Untuk menghindari terjadinya hal yang tidak dinginkan, begini caranya. Saya menjual produk online berdasarkan harga saya. Sampai disini tugas saya sebagai penjual sudah selesai. Sisanya diurus agen. Biasanya agen menyediakan blangko penjualan kosong untuk laporan instansi ketika ada pengadaan. Dari blangko kosong itu nantinya akan dimasukkan harga tertentu sebagai laporan pihak pembeli. Saya tetap mendapat berkas penjualan harga saya dan itu sebagai pegangan saya kalau bermasalah nantinya. Tapi Alhamdulillah selama ini tidak ada masalah.

trik Jualan Online Harga Murah

Trik sama-sama enak

Saya jelaskan bagaimana saya menjual batu permata. Kalau penjualan batu permata, biasanya saya dapat harga modal dari agen. Artinya biaya bahan mentah dan produksi itu ditotal secara keseluruhan. Kalaupun dinaikkan biasanya mereka hanya mematok harga sampai 100 ribu rupiah. Jadi kalau modal 1 juta ditambah kos harga kenaikan langsung menjadi 1,1 juta. (Rp. 1.100.000). Kalau saya berhasil menjualnya 1,5 juta, berarti keuntungan itu 400 ribu. Keuntungan 400 ribu itu biasanya dibagi dua. Kadang ongkir ditanggung agen, kadang saya, kadang juga ditalangin berdua. Tinggal kesepakatan kerjasama aja gan. Mudah bukan?

Ingat satu hal, barang yang saya jual tidak pernah basi seperti jualan makanan dan saya tidak memerlukan modal sama sekali. Mungkin anda bertanya bagaimana dengan modelnya, apakah tidak ketinggalan jaman? Saya bilang tidak, karena perhiasan kalau modelnya dirobah itu dikembalikan kepada pihak pembeli. Jadi model hanya mengikuti minat dan selera pembeli, tentunya dengan harga berbeda. Sementara alat musik paling dirobah pada motif ukirnya atau menyesuaikan nadanya. Itu adalah tanggung jawab agen, walau kadang saya turun langsung mengecek pembuatannya. Dari sini anda juga bisa mengambil keuntungan kedua.

LIHAT JUALAN ONLINE SAYA DI SINI DAN DI SINI

Sedikit banyak hasilnya disyukuri aja

Pemikiran akhir yang perlu anda ketahui, bahwa saya kadang hanya bisa menjual alat musik per 3 bulan sekali. Permata kadang hanya bisa jual 2 sampai 4 buah dalam satu bulan, itu juga kalau rajin. Hal ini jangan anda anggap tidak banyak untungnya. Paling sedikit keuntungan saya dalam 3 bulan berkisar 3 juta rupiah, jadi kalau dikumpulkan saya sudah mendapatkan 1 juta rupiah dalam satu bulan dengan kerja santai dan tidak ada tuntutan peraturan yang mengikat (laba untung terendah). Walau jangka waktu lama, tapi tetap bisa dinikmati dengan senyum bukan? Intinya bukan masalah besar kecilnya yang harus dihitung, tapi bersyukur itu lebih baik dan insya Allah berkah.

Trik Jualan Online Harga Murah ini bisa diterapkan pada penjualan produk anda. Tapi anda perlu mengadakan pendekatan dulu sama pihak agen. Kalau mau bisnis, pertemuan pertama jangan langsung ngomong inti gan, tapi bangun dulu persahabatan atau kedekatan emosional. Bawa pikiran mereka agar sama dengan pikiran anda. Artinya anda harus pintar-pintar bergaul dan memberikan orientasi baru yang bagus. Prospek mereka kalau anda adalah penjual ulung dan yakinkan mereka kalau kamu bisa. Sisanya eksekusi dengan doa dan kejujuran.

Bagikan

Jangan lewatkan

Begini Cara Saya Jualan Online Harga Murah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.