Sifat Gadis Dayak yang Jarang Diketahui Orang

Sifat Gadis Dayak yang Jarang Diketahui Orang

Gadis dayak secara umum

Pendapat mengenai gadis dayak kadang terdengar aneh, terkesan merendahkan, membuat orang bingung, dan ada rasa tidak percaya. Hal ini karena informasi mengenai gadis dayak sama sekali tidak benar, bahkan berbanding terbalik dengan apa yang saya jumpai. Memang tidak semua gadis dayak itu mempunyai kesamaan karakter secara umum, karena dayak terbagi dalam banyak sub suku dan cenderung karakter gadis dayak itu cenderung mengikuti karakter kesukuannya. Namun bila diamati secara mendalam, kita juga bisa menemui kesamaan sifat gadis dayak secara umum, walau sifat ini tidak menjadi patokan. Setidaknya ada ciri mendasar dari karakter bawaan yang selalu tumbuh dalam jiwa seorang gadis dayak. Baiklah, sekarang mari kita kenali beberapa sifat gadis dayak secara umum yang jarang diketahui orang.

1. Gadis dayak bukan pemalu

Gadis dayak bukan pemalu, namun mempunyai sifat kehati-hatian yang dalam. Kebanyakan gadis dayak menghormati orang baru tanpa memandang latar belakang. Dia menerima siapa saja secara utuh, tanpa memandang keburukan maupun kekurangan, walau gadis dayak itu berpendidikan tinggi sekalipun. Oleh karena sifat gadis dayak yang menghormati inilah akhirnya banyak dimanfaatkan orang, sehingga banyak anggapan bahwa gadis dayak gampang didapat dan depermainkan. Karena sifat ini juga banyak orang berpendapat bahwa gadis dayak lemah, padahal anggapan seperti itu sama sekali tidak banar dan bertolak belakang dengan kenyataan yang saya alami.



2. Gadis dayak berani dan perkasa

Gadis dayak adalah perempuan tegar dan perkasa. Sejak lahir dia diajarkan arti hidup dan bagaimana mencukupi hidupnya dengan konsep menyatu dengan alam. Mereka diajarkan bekerja, seperti berladang untuk makan, menenun untuk pakaian, dan memlihara keutuhan keluarga, walau harus berjuang hingga titik darah pengahabisan. Makanya jangan heran kalau banyak pangalima (panglima) dayak itu perempuan, termasuk dukun yang konon kabarnya mempunyai kesaktian melebihi dukun laki-laki pada umumnya. Gadis dayak akan menjadi manusia yang sangat kuat ketika ada bahaya yang mengancam keluarganya, dan merelakan semua yang ia miliki sebagai penebus keutuhan suku mereka, walau harus kehilangan anak sekalipun.



3. Gadis dayak menjujung tinggi kehormatan

Gadis dayak sangat menjaga kehormatan diri, keluarga, dan adat sukunya. Oleh karena jarang sekali didapati gadis dayak mengurus hal yang bukan urusan pribadi, keluarga, atau sukunya. karena ini gadis dayak cenderung pendiam, namun kebanyakan orang menganggapnya malu-malu, padahal kenyataannya gadis dayak itu tegar dalam menjunjung tinggi kehormatan. Dia sanggup mati dalam membela kehormatan diri dan keluarganya, namun juga rela kehilangan keluarga dalam membela sukunya. Makanya jangan heran zaman dulu banyak perempuan dayak terlibat dalam perang suku atau melawan penjajahan di medan perang.



4. Gadis dayak bertanggungjawab

Gadis dayak terkenal bertanggung jawab. Hal ini dibuktikan banyaknya perempuan dayak mengambil peran dalam rumah tangga dan kadang peran laki-lakipun dikerjakannya. Menurut beberapa cerita masyarakat dayak, dulu sewaktu kecil mereka sering dibawa orang tuanya ke ladang dan melihat uwe (sebutan ibu) membuka lahan bersama apak (sebuatan bapak). Mereka sama-sama menebang, menyingkirkan pohon tebangan, membakar ladang, sampai pada proses menanam. Selanjutnya pada saat panen gadis dayak juga ikut terlibat. Selain itu kebanyakan anak kecil dikampung dibawa ibunya mencari buah atau sayur untuk makan, sebagian hasil hutan tersebut dijual kepasar untuk mencukupi kebutuhan belanja mereka. Bahkan ada yang mengatakan pernah diajarkan oleh ibunya memancing atau berburu binatang. Hal inilah yang membuktikan kalau gadis dayak itu adalah perempuan yang bertanggungjawab.



5. Gadis dayak itu sederhana, suka masak, dan pandai menari

Ini juga termasuk salah satu tanggungjawab gadis dayak yang kebanyakan hidup sederhana karena memandang kehidupan rumah tangga dan suku lebih utama. Dia tidak banyak meminta, namun cenderung memberi dengan mengerjakan sesuatu yang berguna. Bagi yang sudah berumah tangga kebanyakan mereka bergaul secukupnya, namun dalam hatinya akan selalu ingat kebaikan orang dan menjaga kebaikan itu sampai mati. Kalau bicara masak, pokoknya bila bertamu ke keluarga dayak, pasti ada saja makanan yang disuguhkan. Pokoknya tamu kenyang dan kebanyakan juga dibekali oleh-oleh ketika pulangnya. Kalau menari, mereka mendapatkan karena kedekatan mereka terhadap adat, ritual, dan upacara lainnya sebagai ungkapan kegembiraan, syukur, dan penghormatan.



Itulah lima sifat gadis dayak secara umum yang jarang diketahui orang. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya dan tanggapan masyarakat luar sendiri dalam memandang perempuan dayak. Jelasnya gadis dayak itu dihormati karena kepedulian, perjuangan, dan pengorbanannya untuk menjaga kehormatan, keluarga, dan sukunya (adat sitiadat). Bila orang dayak tidak menjunjung tinggi adat, maka kebanyakan orang mengatakan dia bukan orang dayak. Sifat ini dimiliki kebanyakan gadis dayak dalam keadaan apapun dan dimanapun.



Sumber foto Borneo Tarigas Dance and Music Community Pontianak

Share this:

Related Posts