Perjuangan Mengesankan Sang Juru Batu

Perjuangan Mengesankan Sang Juru Batu

Sekilas tentang Juru Batu

Juru Batu adalah orang yang mengendalikan kemudi perahu bermotor ketika melewati jeram yang banyak bebatuan. Juru batu juga bertanggung jawab atas keselamatan penumpang dan harus rela menjajaki terlebih dahulu  sela bebatuan mana yang bisa dilewati oleh perahu motor yang dibawanya. Gak perduli seberapa bahayanya jeram tersebut, gak perduli seberapa ekstrim arusnya, dan gak perduli bahaya apa yang menghadang saat melakukan tugas. Juru Batu adalah leader, dialah sipenantang rintang, dan dialah yang bertanggungjawab. Itulah pekerjaan yang menurut saya paling sulit, paling beresiko, dan banyak paling lainnya lagi...
Anda akan bersyukur setelah melihat foto-foto pekerjaan Juru Batu yang penuh resiko yang harus harus dilakukan demi menghidupi keluarga dan membantu orang lain dengan ikhlas.

Sungai yang harus dilalui Juru Batu



Kebayang gak bos melewati sungai dengan penuh bebatuan terjal dan tajam seperti itu. Itulah sungai di kawasan Taman Nasional Betung Kerihun, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kabupaten terujung di Kalimantan Barat). Lokasinya disekitaran Nanga Bungai, Tanjung Lokang, dan Wilayah di atas dua dusun tersebut.

Awal tantangan Juru Batu

Awalnya mereka hanya dihadapkan oleh jeram yang biasa, namun tetap mengeluarkan tenaga ekstra ketika mendorong perahu motor untuk melewatinya. Jangan anda kira pekerjaan ini mudah, karena tidak kompak sedikit saja maka perahu bisa mundur lagi atau gak maju-maju (jalan ditempat). Kalau sudah begitu juru batu akan mengeluarkan tenaga ekstra lagi. Gak ada minuman penambah stamina ya boss. Kalau hanya suplemen saya kira gak mampu menyandang beratnya pekerjaan Juru Batu. Itu bukan muatan kosong, tapi bawa penumpang juga.







Tantangan sesungguhnya buat Juru Batu

Mereka tidak banyak berbicara, namun hanya sesekali melempar aba-aba. Ketika jeram maut itu mulai menari dihadapan, mereka hanya pasrah, berserah, dan dengan satu tekad "pantang menyerah". Sesekali mulut mereka berkomat kamit memohon perlindungan kepada Ilahi. Lebih gila lagi jeram ini bukan hanya satu, didepan jeram yang mereka lalui ini masih ada jeram-jeram ekstrim lainnya yang siap menertawakan perjalanan mereka. Manusia memang bersahabat dengan alam, tapi alam juga punya cara dan aturan tersendiri ketika menyambut kedatangan manusia.







Jeram yang harus dilalui Juru Batu

Mau melihat jeram yang dilalui Juru Batu? silahkan klik gambar di bawah ini. Anda akan faham bagaimana beratnya pekerjaan juru batu. Selain itu anda juga bisa membayangkan kalau termasuk salah satu orang yang bertualang dengan Juru Batu. Silahkan klik gambar di bawah.


Seberat apapun pekerjaan anda, maka syukuri dan banyak berterima kasih kepada Sang Maha Pencipta. Berterima kasih juga dengan orang terdekat, keluarga, anak istri, tetangga, kawan, sahabat, dan orang lain sekalipun. Karena manusia hidup sudah ada jalannya masing-masing. Ingat lima konsep kehidupan dunia, belajar, berpikir, bekerja, menuikmati, dan bersyukur... maka kamu akan menikmati hidup dan insya Allah selamat serta bahagia dunia akhirat.



Foto by Abdillah selalu

Share this:

Related Posts