Mitos yang Berlaku di Hutan Kalimantan

Mitos yang Berlaku di Hutan Kalimantan

Mitos yang berlaku ketika memasuki hutan Kalimantan

Mitos dalam masyarakat Kalimantan merupakan suatu cerita peringatan agar manusia berhati-hati dalam melakukan sesuatu terkait dengan tempat, suatu material atau benda, dan kekuatan supranatural dibalik cerita tersebut. Mitos dipercaya masyarakat Kalimantan dapat memberi suatu akibat baik atau buruk bagi pelanggarnya. Pengertian ini cenderung kepada peringatan agar kita tidak berlaku sembarangan terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan mitos itu.

Di Kalimantan banyak sekali mitos sebagai peringatan kepada manusia untuk berhati-hati dan mau menghormati segala suatu aturan. Hal ini agar manusia tersebut tidak tertimpakan bala dari apa yang berlaku. Pada satu sisi mungkin mitos ini bertentangan dengan kepercayaan agama, namun pada satu sisi lain ia juga memberi pengajaran untuk berbuat baik dalam tingkah laku. Jadi ketika memandang suatu mitos, hendaklah kita mengambil pengajaran yang baiknya dengan mengedepankan norma dan hubungannya dengan agama, bukan menyepelekan segala sesuatunya dengan kesombongan. Karena segala sesuatu yang terkait dengan mitos itu adalah sebuah pengajaran untuk bersikap bijak dalam kehidupan. Apa saja mitos yang berlaku di hutan Kalimantan? Silahkan simak beberapa mitos yang berlaku di hutan Kalimantan.

Jangan membakar terasi di hutan Kalimantan

Mitos ini berlaku pada seluruh hutan di Kalimantan. Masyarakat Kalimantan percaya kalau membakar terasi akan mengundang datangnya makhluk halus yang ada disekitar hutan tersebut. Ini disebabkan bau terasi itu sangat menyengat dan disukai makhluk halus penghuni hutan tersebut. Sekilas mungkin ini lucu, kok hantu suka terasi? Tapi mungkin anda penasaran dan mau mencobanya? Coba saja bakar terasi diwaktu mendekati magrib atau masuk waktu malam. Sapa tau ada makhluk halus yang bisa membuat anda ketawa karena lucu. Hehehhe...

Jangan membakar ikan Saluang dan Udang di hutan

Mitos ini juga sama berlaku hampir seluruh hutan Kalimantan. Hal ini karena bau ikan Saluang dan udang dapat mengundang datangnya makhluk halus penghuni hutan tersebut. Kebanyakan orang yang kehutan jarang membawa dua lauk tersebut, kalaupun ada mereka memasaknya dengan cara direbus. Ada yang mengatakan kalau mau digoreng saja, namun diberi penutup ketika menggorangnya. Hal ini agar aromanya tidak menyebar keluar dan tercium oleh makhluk halus yang ada di sekitarnya.

Jangan membawa telur ayam kampung dan minuman keras

Masyarakat percaya membawa telur ayam kampung bisa mendatangkan gangguan makhluk halus, karena mereka ingin meminta atau merebut telur tersebut. Kalau minuman keras kebanyak orang berpendapat, ketika kamu mabuk, maka sangat riskan bagi tubuh diganggu makhluk halus. Selain itu ada beberapa makhluk halus yang tidak suka dengan bau minuman tersebut, ini yang membuat mereka marah dan anda akan menyingkirkan anda dengan berbagai cara.

Berhati-hati ketika melewati bambu juntai

Bambu juntai adalah pohon bambu yang ujungnya terun ketika menjelang sore sampai kemalam hari. Siangnya bambu tersebut tegak berdiri, kalau sudah memasuki waktu magrib ada beberapa pohon bambu itu yang mengkung (menjuntai) hingga ujung atasnya hampir menyentuh tanah. Masyarakat percaya bahwa ada makhluk halus yang duduk atau bergelantungan dibambu tersebut. Hindari bambu tersebut atau merunduk ketika melewatinya sambil mengucapkan permisi. Banyak kejadian fatal ketika melangkahinya.

Jangan menegur bila ada orang mencurigakan

Pencari kayu sering melihat ada perempuan bermain sendiri ditengah hutan, baik itu anak-anak atau orang dewasa. Terkadang mereka melihat rombongan orang berjalan dimalam hari, namun tidak menggunakan obor. Secara logika ini suatu yang aneh. Ngapain juga main dihutan sendirian, atau berjalan malam hari tapi tanpa penerangan. Tapi selama ini mereka aman-aman saja, selama mereka tidak melakukan hal yang dilarang atau melanggar pantang hutan tersebut.

Jangan mendatangi suara yang memanggil anda

Di hutan Kalimantan banyak sekali suara-suara aneh yang memanggil anda. Kadang kita menyangka suara itu adalah suara orang terdekat. Semakin kamu mendatangi sumber suara itu, maka suara itu akan semakin jauh, akhirnya kamu akan semakin jauh tersesat ke dalam hutan. Terkecuali memang itu suara yang sangat jelas dan anda tidak sendirian ketika mendatanginya.

Berhati-hati kalau berburu binatang

Hutan Kalimantan memang surganya binatang. Banyak binatang yang bisa diburu dan dimakan dalam hutan tersebut. Namun begitu kamu juga harus berhati-hati. Pastikan yang anda buru itu adalah binatang sebenarnya, karena ditakutkan malah memburu binatang siluman. Kebanyakan orang kampung ketika berburu mengamati dulu binatang buruannya. Aneh saja kalau anda sampai menembak rusa yang makannya sambil jalan berdiri atau menembak burung berkaki empat.

Orang hamil dilarang bermain atau masuk hutan

Orang hamil sangat dilarang memasuki hutan, karena bau orok dalam kandungan sangat disukai oleh makhluk halus penunggu hutan Kalimantan. Mereka cenderung mengganggu anak tersebut. Jangan coba-coba membawa orang hamil masuk hutan kalau tidak mau anak dalam kandungan cacat atau serupa dengan bentuk salah satu binatang dihutan tersebut. Terkecuali dikawal oleh pemuka adat atau orang kampung dengan persyaratan tertentu.

Wanita haid dilarang memasuki hutan

Makhluk halus sangat suka dengan bau darah orang haid. Ketika anda memasuki hutan dalam keadaan haid, mereka cenderung ingin meminum darah anda dan ini akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Selain itu ada beberapa makhluk halus yang malah tidak suka dengan darah haid, maka mereka akan menyingkirkan anda dengan berbagai cara.

Dilarang kencing sembarangan

Jangan kencing di bawah pohon karena kita tidak tau ada rumah binatang atau makhluk halus di bawah pohon tersebut. Mereka menyukai pohon rindang dan besar, makanya kebanyakan orang kampung tidak mau kencing di bawah pohon tersebut. Jangan kencing di sungai dalam hutan atau pada air tergenang, karena sungai dan air tergenang biasanya digunakan oleh binatang untuk minum. Jangan kotori minuman mereka dengan air kencing anda. Ingat anda tidak hidup sendiri di hutan, namun banyak makhluk lain yang juga menggunakan tempat tersebut untuk kehidupan mereka.

Jangan sombong dan berkata kotor

Saya rasa etika ini berlaku di semua tempat. Ketika anda berkata kotor atau sombong, penghuni hutan tidak menyukai hal itu. Itu dianggap tantangan bagi mereka, dan mereka siap menjawab tantangan anda dengan berbagai cara. Ingat tidak ada satu manusiapun yang akan suka dengan keseombongan dan kata-kata kotor anda, termasuk juga makhluk halus yang ada di seluruh hutan Kalimantan. Utamakan etika dan selalu berserah diri kepada Allah SWT jika anda ingin selamat di hutan Kalimantan.

Itulah mitos yang berlaku di hutan Kalimantan. Berlakulah bijak dan mau melihat sisi kebaikan dari mitos tersebut jika anda ingin selamat dihutan Kalimantan. Sisanya hanya Allah yang mengetahui segala sesuatu yang gaib.



Sumber foto utama Okezone

Share this:

Related Posts