Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Cara Saya Membangun Jaringan Dalam Bisnis Online

Membangun Jaringan Dalam Bisnis Online

Saya sempat putar haluan dari mengelola blog tutorial dan akhirnya mulai fokus pada bisnis jualan online. Saya sempat meninggalkan blogging selama hampir 2 tahun. Dari bisnis itu saya akhirnya memahami satu hal, bahwa membangun jaringan dalam bisnis online adalah hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar bisnis online anda bisa memberi hasil maksimal melalui jaringan tersebut. Tinggal apa yang ditawarkan, seberapa menarik penawarannya, dan seberapa jauh efektifitas strategi penjualan yang diterapkan.

Pada tulisan ini, saya akan jelaskan bagaimana saya membangun jaringan bisnis online untuk mendapatkan produk. Saya tidak akan mendikte anda dengan metode umum yang kebanyakan ditulis orang, tapi saya berikan contoh ketika berjuang membangun jaringan bisnis online saya. Ini sederhana tapi bisa membuat anda tersenyum bahagia ketika melihat hasilnya.
Setting dulu pemikiran anda seperti ini. Saya ingin jualan online, jadi barang apakah yang akan saya jual dan bisa menguntungkan? Saya juga perlu pasar, pasar mana yang paling cocok untuk produk saya? Bagaimana saya menjual produk saya? Dari tiga hal itu, hal terpenting adalah cara membangun link kerja. Bukan langsung jualan. Ini cerita saya.

Melihat peluang bisnis online

Suatu ketika pas booming batu akik di Indonesia, saya melihat peluang usaha tersebut sebagai sumber penghasilan baru. Kebetulan saya pernah berkecimpung dibidang batu permata ketika di Banjarmasin walaupun hanya sebentar. Sementara popularitas batu permata pada waktu itu sudah mulai turun. Tapi saya menganggap itu bisa diakalin dengan strategi sederhana. Untuk mendapatkan info dan produk, saya masuk dalam Asosiasi Batu Mulia Indonesia cabang Kalimantan Barat (ABAMI KALBAR). Dari sana saya banyak belajar dan mendapat stok barang yang melimpah untuk saya jual.

Awalnya bisnis online saya banyak menjual barang kawan-kawan (menjadi reseller). Maklum bisnis batu permata harus modal besar, sementara saya modal dengkul. Yang penting anda bisa membangun kepercayaan. Selain itu, orang mana sih yang gak mau produknya kita bantu jualkan? Toh dia tidak akan rugi dan penjualan produk bisa meningkat berkali lipat. Satu keuntungan besar yang bakal didapat kalau kamu bisa bergabung diasosiasi atau jaringan penjualan, kamu akan mendapatkan produk sangat murah (harga kawan) dan kualitas bagus. Dari situ kamu bisa dapat keuntunga besar.



Membangun jaringan bisnis online

Singkat cerita saya mendapat banyak kawan melalui asosiasi dan dikenalkan kepada beberapa pemodal atau pemilik barang (bos besar). Saya coba berdiskusi, lalu saya tawarkan cara penjualan sederhana, tapi saya yakinkan mereka bahwa rejeki saya beda dengan mereka, dan saya yakin bisa mendapatkan bagian saya. Akhirnya mereka percaya dan memberi beberapa produk untuk penjualan awal. Bagitu juga cara saya mendapatkan produk alat musik tradisional, fashion, dan beberapa produk elektronik yang biasa saya jual di pasar online lokal kalbar dan Indonesia. Bahkan saya mendapat peluang kerjasama dengan jasa travel dan bocoran tiket pesawat murah.
Saya juga berhasil dekat dengan salah satu teman jaringan yang dapat mengakses stok barang android murah dipasar kalbar (hanya kalbar, bukan secara umum Indonesia). Saya kadang minta bantuan dia untuk menyediakan stok barang dan saya bisa menjual lagi sedikt lebih murah dibanding harga pasar.
Disini saya hanya membangun jaringan dan terus membangun link kerja. Kalau anda tidak mampu melakukan ini, maka anda sudah menghilangkan peluang bisnis besar dengan sia-sia. Tidak semua bisnis itu harus dimulai dengan modal besar. Saya mengawali bisnis online tanpa modal. Yang penting anda rajin dan sabar. Singkatnya anda harus dapat membangun link untuk mendapatkan produk tanpa modal yang bisa dijual. Ingat anda hanya perlu sekali saja berusaha masuk dalam jaringan, sisanya secara otomatis bekerja.



Keuntungan dari jaringan bisnis online

Jika kamu masuk dalam jaringan bisnis online dan selalu terkoneksi dengan orang-orang didalamnya, maka anda akan mendapatkan banyak kemudahan ketika jualan online. Anda akan diberi informasi mengenai pasar, harga, dan produk terbaru. Anda gak perlu ribet dan bisa dengan santai jualan menggunakan android digenggaman anda.

Jaringan itu penting dan membangun link kerja serta kepercayaan itu adalah modal awal kesuksesan. Saya yakin dengan cara ini anda tidak akan rugi. Sementara informasi dan produk yang bisa dijual akan mengalir terus. Sisanya tinggal bagaimana cara menjual produk tersebut. Satu hal yang perlu diingat, anda bisa saja kehabisan barang, tapi ketika anda mempunyai jaringan, maka produk itu seakan tidak pernah habis. Satu hal lagi, lebih mudah menjual kalau dibantu banyak orang melalui jaringan, daripada jualan sendiri. Ini kenyataan dan sangat mudah dilakukan.

LIHAT TOKO ONLINE SAYA YANG SANGAT SEDERHANA DISINI DAN DISINI

Sekarang sebelum memulai bisnis online, hal pertama cari teman yang punya produk, ajak kerjasama dan bangun jaringan. Mungkin peluang keberhasilan penjualan kecil, tapi akan menjadi besar kalau saling terkoneksi dan dibantu jaringan bisnis online anda. Sederhana tapi hasilnya luar biasa.



Foto by Deni Batik
Foto by Gheget

Advertiser