Friday, December 15, 2017

Bahaya Facebook yang Tidak Disadari Penggunanya

Bahaya facebook untuk penggunanya

Tahukan anda bahaya facebook yang selama ini tidak anda sadari? mungkin ini hal biasa dan sering dianggap tidak penting. Tapi ketika anda terkena dampakanya, maka anda baru sadar, kalau facebook itu berbahaya dan menimbulkan banyak masalah. Sederhana namun bisa menghancurkan hidup anda.

Pengguna facebook di Indonesia sekitar 115 juta dan gilanya lagi orang Indonesia itu melakukan unggahan aktif 3 kali lipat disbanding Negara lain. Hebat bukan? Penggunanya juga beragam, dari kalangan muda sampai muda banget, kalangan tua sampai tua banget, golongan miskin sampai miskin bawah (gak pake banget), dari golongan kaya sampai kaya banget, termasuk juga orang kaya yang kebangetan.
Banyak pengguna facebook dari yang hanya ikutan biar gak ketinggalan, dari yang konyol dan cenderung goblog menurut kebanyakan orang, dari yang pintar tapi melempem kalau ngomong langsung, sampai otaknya yang ngeres dan cari sensasi. Pokoknya pengguna facebook Indonesia lengkap, segala macam belang dan sifatnya ada dalam facebook. Kayak primbon dah nih facebook.

Bahaya Facebook
Sumber foto Tribun Sumsel

Keuntungan menggunakan facebook itu sudah pasti, tapi ini hanya berlaku bagi orang-orang yang memanfaatkan facebook berdasarkan kebutuhan fositif dan tidak melanggar peraturan, serta tidak merugikan orang lain (masa iya sih… atau, masa ada sih hal demikian?). Saya rasa berbicara keuntungan itu relative dan berlaku secara umum, termasuk menggunakan sosial media lainnya. Tapi bahayanya juga berlaku secara umum, ingat itu!!!

Facebook juga menyediakan banyak masalah. Sedikit saja anda salah bisa fatal akibatnya. Bisa jadi bahaya itu siap menelanjangi dan melemparkan anda dalam jurang keterpurukan. Mau tau apa saja bahaya ketika menggunakan facebook? Ikuti penjelasan berikut ini.

Data pribadi mudah dicuri

Mungkin anda tidak menyangka kalau data pribadi anda mudah di curi. Ketika anda menuliskan kelengkapan data, maka data itu bisa saja di curi oleh pengguna lainnya, lalu digunakan untuk hal yang melawan hukum. Akhirnya anda kena getah masalah tersebut. Selain itu data anda bisa saja dicuri dan dipalsukan untuk memasukkan orang luar ke negara ini. Makanya jangan heran kalau ada dua data yang sama di alam nyata. Mau data ente dicuri orang lalu digunakan secara tidak benar?

Terbuka lebar jalan selingkuh dan perkosaan

Jalan menuju selingkuh itu terbuka lebar di facebook. Tinggal cari gadis atau lelaki berwajah oke, add pertemanan,  sekali diterima langsung deh chatting. Biasanya chat pertama biasa saja, berlanjut ketemuan, selanjutnya terserah anda (kayak iklan parfum aroma kandang kuda, heee). Korbannya bukan hanya yang selingkuh, tapi berimbas pada keluarga juga. Bahkan ada yang sampai bunuh diri karena dipermainkan. Peluang perkosaan juga semakin besar. Para bandot lapar akan memaksa korbannya berbuat mesum alias diperkosa. Ente mau hal demikian terjadi?

Bahaya Facebook

Banyak ajaran menyesatkan

Kalau kamu pelajari dari setiap postingan, banyak ujaran baik namun mengarahkan anda pada ajaran baru yang menyesatkan. Banyak tumbuhnya pemahaman sekuler keagamaan. Bahkan banyak propaganda agama yang tidak berdasar dan cenderung menyesatkan. Kalau anda tidak berhati-hati, hal ini akan menyesatkan anda, dan bisa saja membuat anda mengganti kepercayaan anda pada akidah baru. Lebih bahaya lagi anda akan menganggap semua orang diluar kepercayaan anda adalah salah total, bahkan sampai anggapan kafir walau itu kadang hanya perbedaan masalah sepele dan masih dalam satu tatanan agama. Mau ente sesat gara-gara facebook?

Banyak penipuan

Barang ini sudah tidak asing lagi, karena penipuan online itu sampai sekarang jadi hantu yang banyak gentayangan. Hal ini banyak terjadi di dunia bisnis online. Makanya kalau anda tidak bisa menjadi pembeli cerdas, anda akan tertipu. Parahnya peluang penipuan online ini lebih mudah 100 kali lipat ketimbang anda menjual barang secara jujur. Apakah anda pernah tertipu saat melakukan transaksi online?

Facebook bisa mengantarkan anda kepenjara

Gara-gara facebook anda bisa masuk penjara. Karena penggunaan undang-undang media online sampai sekarang tidak terlalu maksimal dan bisa jadi penggunaannya dimanfaatkan orang-orang tertentu untuk menjebak anda. Terutama berkaitan dengan ujaran kebencian dan fitnah. Sudah banyak contoh, dan kemungkinan giliran anda yang merasakan dinginnya penjara gara-gara facebook. Mau masuk penjara gara-gara facebook?

Banyak pengguna stress bahkan gila

Mulanya menggunakan facebook pengen terkenal, banyak kawan, dan dianggap paling hebat. Tapi akhirnya sadar kalau usaha anda gagal dan tidak mendapatkan apa-apa. Malah merasa rugi tenaga, pikiran, juga uang, lalu stress gara-gara cita-cita yang tak sampai. Saking stressnya bisa jadi gila. Cirinya kalau ada orang yang selalu iri dan menghujat, itu berarti dia gagal. Ingat, iri tanda tak mampu. Mau ente gila karena facebook?

Bahaya Facebook

Menjual harga diri dengan murah

Maunya sih cari sensasi biar terkenal, sampai buka-bukaan. Kalau gak keluarkan pernyataan yang kontroversi padahal kebenarannya sama sekali nol besar. Akhirnya gak laku dan terpuruk, malah di hujat habis-habisan di facebook. Lalu mengalami tekanan batin dan stress. Dengan begini secara tidak sadar anda sudah menjual harga diri anda dengan murah, tapi tetap gak laku. Mau ente dianggap murahan?

Menjadi masyarakat facebook yang tidak peduli

Anda memang orang pintar dan saya yakin itu. Tapi facebook terlalu banyak menyita hidup anda, sehingga anda tidak perduli pada lingkungan dan orang-orang sekitar anda. Banyak pengguna facebook menjadi durhaka dan bersikap emosional serta mau menang sendiri, yang akhirnya dikucilkan. Ente mau dicuekin keluarga gara-gara facebook?

Facebook dijadikan kitab suci

Facebook itu candu dan bisa membuat anda ketagihan. Anda juga bisa sakaw karena ketergantungan facebook. Berapa banyak intensitas anda membuka facebook ketimbang kitab suci? apakah anda menganggap facebook sebagai kitab suci? lalu belajar banyak hal melalui facebook. Kalau belajar ceramah memang tidak apa-apa dan cenderung dianjurkan, tapi itu juga harus disaring, karena tidak semua muatannya bisa anda telan mentah-mentah. Mau ente kalau mati ketika ditanya kitab suci lalu anda jawab facebook?

Bahaya Facebook

Ingat facebook bukan Tuhan

Facebook itu bukan Tuhan. Jangan sampai anda menjadikan facebook tempat curhat, berkeluh kesah masalah hidup anda. Karena tidak semua orang yang berempati pada masalah anda, dan cenderung menganggap anda cengeng. Sampai ada yang bilang, "kenapa gak mati aja sekalian?" Kamu kira semua orang di facebook itu peduli dengan masalah hidup kamu? kamu sadar gak kebanyak pengguna facebook sudah membawa masalahnya masing-masing. Lebih baik anda mengadu ke Tuhan, karena DIA pasti mendengar dan tidak akan meninggalkan anda sampai kapanpun. Ingat itu!!! Mau ente dalam kubur nanti ditanya siapa Tuhanmu lalu ente jawab facebook?

Solusi menggunakan facebook dengan aman dan menguntungkan

Mau terhindar dari bahaya facebook? gunakanlah facebook secara cerdas, bijak, berhati-hati, sesuai kebutuhan, dan tidak melanggar peraturan atau merugikan orang lain. Itupun anda tetap harus waspada, karena bisa saja anda mendapat bahaya dari facebook. Tidak ada bahayanya kalau anda menggunakannya dengan baik dan benar. Tapi mampukah?

Bagikan

Jangan lewatkan

Bahaya Facebook yang Tidak Disadari Penggunanya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comentários:

Tulis comentários
avatar
December 15, 2017 at 10:42 PM

Mantap bener postingannya mbah..
Memang betul Facebook itu berbahaya bila kita ceroboh menggunakannya, maka dari itu gunakanlah Facebook dengan bijak, manfaatkan dengan cerdas, jauhi hal-hal yang berbau negatif, postinglah sesuatu yang positif, yang bisa menginspirasi dan memberi harapan bagi banyak orang.

Nice sharing mbah dan terimakasih sudah mengingatkan kami, yang terkadang lupa menggunakan media sosial tidak sesuai dengan peruntukannya.

Reply