Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Air Terjun Riam Merasap Niagara Kecil di Hutan Kalbar

Sekilas Tentang Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap terletak di Desa Batang Air kecamatan Tujuhbelas (pemekaran dari Kecamatan Sanggau Ledo) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Riam Merasap mempunyai aliran air yang deras dan jatuhan air ke danau bawahnya menimbulkan percikan kabut dingin yang akhirnya oleh masyarakat sekitar dinamakan merasap (berasap). Katinggian Air Terjun Riam Merasap ini berkisar kurang lebih 20 meter dan lebar sekitar 8 meter dengan hutan hujan tropis di sekelilingnya. Oh ya, kalau mau ke sini sekitar bulan Oktober dan November, pas musim hujan. Anda bisa melihat Air Terjun Riam Merasap dengan debit air banyak dan tampak semakin indah.

Jarak tempuh ke Air Terjun Riam Merasap

Jarak pontianak ke Air Terjun Riam Merasap sekitar 300km dan lama perjalanan berkisar 5 jam (normal) kalau melalui jalur Toho. Kalau gak normal alias ngebut, bisa sampai lebih cepat gan. Asal hati-hati aja karena perjalanan Pontianak sampai lokasi jalannya berkelok dan licin kalau hujan. Takut aja sampainya malah ke alam lain kan gak lucu. Mending santai asal selamat, heee. Jalur lainnya adalah melalui Singkawang kemudian menuju Bengkayang. Jalur ini akan memakan waktu sekitar 7 sampai 8 jam perjalanan. Walau lebih jauh, tapi kan bisa melihat Hongkongnya Kalimantan Barat. Melihat kehidupan dan bangunan Cina yang masih asli kayak jaman dulu.



Selain Air Terjun Riam Merasap, terdapat juga Riam Naik Kubik yang tidak kalah menarik dengan jarak sekitar 10 km dari lokasi. Anda juga bisa jalan-jalan ke perbatasan Malaysia yang berjarak 10 km dan bisa melihat-lihat border di daerah perbatasan Aruk Sajingan. Kalau ada paspor bisa sekalian jalan-jalan ke Malaysia. Mantab kan bro and sista?

Fasilitas Pendukung Air Terjun Riam Merasap

Ada beberapa penginapan di lokasi Air Terjun Riam Merasap, namun anda tetap harus melanjutkan perjalanan kalau mau kelokasi Air Terjun. Kalau masuk dulu gratis, gak tau ya sekarang gan. Kalaupun bayar kayaknya gak mahal kok dibanding keindahan dan sensasi yang kalian dapatkan. Kalau masalah parkir, biasanya para pengunjung menitipkan motor atau mobil di rumah penduduk, dengan imbalan jasa berdasarkan kesepakatan.



Video Air Terjun Riam Merasap

Mau tau keindahan Air Terjun Riam Merasap, silahkan lihat video dari kawan-kawan Borneo Skycam. Nilai dan rasakan aja sendiri keindahan air terjunnya. Kalau sudah silahkan cerita di komentar ya bos.




Selanjutnya kami tinggu petualangan anda di Air Terjun Riam Merasap Bengkayang. Kalau anda siap, hubungi kami, nanti kita berbagi cerita dan ceria di sana.



Sumber foto Indonesia Kaya - Indonesia Kaya - Doyan Jalan
Sumber video Borneo Skycam

Advertiser