Mari kita tengok sungai kapuas kalbar yang konon kabarnya sungai terpanjang didunia, eh salah di Indonesia, yah patutlah buat dibanggakan. Ini merupakan sungai yang panjangnya mencapai 1.145km dan mempunyai banyak kelok. Kalau di lihat dari atas melalui foto satelit kayak ular naga panjangnya bukan kepalang. Yang jelas sungai ini sungai yang panjang, menyimpan beragam cerita dan budaya, kebanggaan orang kalbar, banyak ikannya dan buayanya juga. heeee

Sungai kapuas merupakan jantung transportasi air di wilayah Kalimantan Barat dan dipenuhi oleh berbagai jenis tumbuhan dan satwa, dari yang liar, sangat liar, satwa jinak, samapai baik-baik perangainya (warning: jangan mengganggu mereka). Bila anda menyusuri sungai menggunakan kapal bandong (kapal khas Pontianak), maka ente dapat menemukan berbagai sensasi dalam perjalanan tersebut. Jamin puas, serasa bertualang didunia antah berantah, dan pastinya menemui banyak keunikan.



Kalau mau mantab lagi, sekali-sekali naik jukong (perahu dayung tradisional) biar rasanya gimana gitu (apalagi yang gak bisa berenang). Ente bisa menikmati berbagai aktifitas masyarakat melayu pinggir sungai kapuas di pontianak dan masyarakat Dayak jika berlayar terus ke dalamnya.



Perjalanan menaiki perahu  menyusuri sungai kapua sakan berakhir di danau Sentarum, Kapuas Hulu, yaitu Kabupaten terhujung Kalimantan Barat. Di sana anda akan akrab dengan kehidupan masyarakat Dayak yang hidup dengan alam dan budayanya. Unik dan menyimpan beribu cerita mengagumkan untuk didengar dan saksikan. Ini akan menjadi sejarah terunik dan terindah dalam petualangan anda di sungai Kapuas Kalbar.



Sumber foto: The Tanjungpura Times - Jalan-jalan Yok - Tritama Rent Car

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments