Monday, November 6, 2017

Pasar Terapung Banjarmasin

Pasar Terapung Banjarmasin merupakan suatu tempat jual beli unik. Transaksi jual beli dilakukan  diatas air dengan menggunakan perahu dayung (jukung). Berbagai jajanan pasar, dari kue, makanan khas (kebanyakan nasi kuning dan soto banjar) dijual di atas air. Selain itu ada juga sayuran dan buah sebagai kebutuhan makan masyarakat Banjarmasin juga dijual disana. Pokoknya suatu pasar yang unik, berada di atas air, dan transaksi menggunakan perahu dayung. Coba kamu bayangkan kalau belanja sambil makan di atas air menggunakan perahu dayung, pasti seru kan?

pasar terapung banjarmasin

Pasar terapung Banjarmasin ada dua tempat, didaerah muara sungai kuin dan daerah lok baintan. Pasar Terapung Banjarmasin tepatnya berada DAS Sungai Barito yang merupakan pusaka saujana kota Banjarmasin. Kamu juga bisa menikmati pemandangan sungan dengan berbagai aktifitas masyarakat setempat. Pasar ini mulai setelah salat Subuh sampai selepas pukul tujuh pagi. Matahari terbit memantulkan cahaya di antara transaksi sayur-mayur dan hasil kebun dari kampung-kampung sepanjang aliran sungai Barito dan anak-anak sungainya.

Para pedagang berperahu menjual hasil produksinya sendiri atau tetangganya disebut dukuh, sedangkan tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut panyambangan. Keistemewaan pasar ini adalah masih sering terjadi transaksi barter antar para pedagang berperahu, yang dalam bahasa Banjar disebut bapanduk. Jadi di Pasar Terapung ini masih ada jual beli dengan sistem tukar barang yang tentunya jarang ditemukan lagi didaerah lain di Indonesia. Kalau kamu ke sana jangan tukar kamera atau hp untuk beli makanan, nanti malah susah boss.

wisata air pasar terapung banjarmasin

Hal menarik yang bisa ditemui disini adalah Festival Pasar Apung yang tiap tahun diselenggarakan pemerintah Banjarmasin, Festival ini bertujuan untuk melestarikan Budaya setempat dan sebagai sarana untuk menarik perhatian wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Menikmati nuansa wisata air disini memang sangat mengasikan, sediakan kamera buat foto-foto, uang buat jajan, dan susuri sungai barito dengan segala keunikannya. Dijamin puas dan ini adalah petualangan anda dengan sensasi yang tidak terlupakan di pasar terapung Banjarmasin.

Mau tau lengkapnya, datang ke pasar terapung Banjarmasin, baru ceritakan serunya kepada teman rekan anda. Apakah anda tertarik mengunjungi dan belanja di pasar terapung Banjarmasin? Kalau iya, kapan? jangan lupa ajak pasangan anda untuk memberikan kebahagiaan tersendiri.

Sumber Foto utama KSM Tour - Cumilebay Mas Toro

Bagikan

Jangan lewatkan

Pasar Terapung Banjarmasin
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.