Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Kelayang Pontianak

Kelayang Pontianak banyak digemari masyarakat dari berbagai golongan. Pemainnya mulai dari anak SD sampai bapak-bapak, bahkan ada juga pemain kawakan kakek-kakek. Yang namanya hobby gak pandang umur dan status, asal dapat enaknya...hajar.
Biasela kalau udah yang namenye main kelayang, kadang suke lupe umor, heee. Ape agi kalau udah kelayang dapat angin, mulailah dimaenkan kelayang tuh, dipusing-pusing kayak gasing di atas langet. Inila yang seruuuu.... ucap salah seorang pemain kelayang yang sudah banyak umurnya. Bukan banyak benangnye ye
Saking banyaknya penggemar pemain kelayang Pontianak ini,  sampai-sampai Pontianak tidak pernah sepi dari pemain kelayang, walau sudah ada larangan dari pihak pemerintah karena membahayakan orang dan lainnya. Tapi mari kita lihat segi fositifnya, sekali lagi segi plusnya ya, bukan min.

Pemain kelayang di Pontianak itu puluhan, bahkan bisa sampai ratusan. Ada yang ngadu (beradu layangan) ada juga yang hanya sekedar hobby bermain (gak beradu). Tapi kalau yang sudah namanya nyauk (mengait kelayang putus) itu dilakukan semua pemain kelayang, baik yang ngadu atau tidak. Kayaknya ini bagus juga, yang penting asal jangan mengait anak tetangga aja, heeee.

Selain itu bermain kelayang di Pontianak memang seru. Yang tidak beradu diberi tanda khusus, biasanya berupa rumbai atau buntut. Jadi mainnya aman dari serangan musuh. Kayak perang aja. Modalnya juga bervariasi, dari yang kelas murah sekali, sampai yang kelas mahal sekali. Katanya sih demi hobby rela rugi, yang penting asik di hati. Oh ya, kalau mau tau beberapa istilah dalam bermain kelayang Pontianak, silahkan baca disini.

Kadang sesama pemain terjadi interaksi hangat dan senda gurau, namun ada juga sampai berkelahi (tapi ini jarang terjadi, suwer dehhh). Intinya langit sore Pontianak kebanyakan dihiasi oleh kelayang di beberapa tempat. Sebuah permainan yang menantang dan terbilang unik. Sensasi yang tidak pernah didapatkan ketika kelayang anda mendapat angin dan menang digelanggang langit.

Ingin tau lebih banyak, datang ke Pontianak, rasakan sensasi bermain kelayang Pontianak digelanggang langit. Tentunya ini bisa menjadi salah satu cerita petualangan seru dalam hidup anda. Saya tunggu kelayang anda di gelanggang langit Pontianak.

Sumber Foto the tanjungpura times

Advertiser