Jeram maut Tanjung Lokang terletak di dalam kawasan hutan lindung Taman Nasional Betung Kerihun Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Tanjung Lokang adalah desa kecil yang dihuni oleh masyarakat adat dayak suku punan hovongan yang masih memegang kepercayaan nenek moyang. Walau sebagian besar penduduknya beragama khatolik, namun sisa kepercayaan lama masih bisa didapati dalam beberapa ritual dan pola kehidupan mereaka.

Jeram Maut Tanjung Lokang merupakan sungai dengan jeram terindah di Indonesia. Tapi jangan salah sangka dulu gan, karena beberapa jeram Tanjung Lokang terkenal sangat susah untuk dilalui berhubung diapit bebatuan besar dengan cerukan dalam berarus sangat deras. Bisa saja anda menyangka itu celah atau jalan yang dapat dilalui perahu, namun sekali perahu itu turun ke arus tersebut, fatal akibatnya. Minimal mengalami kerusakan parah karena berbenturan dengan batu. Berikut penampakan perjalanan yang terjebak di jeram maut Tanjung Lokang. Foto nomor empat ada yang aneh dan unik gan. Perhatikan dengan baik-baik... jangan berkedip dan bernafas ya (dijamin semaput boss)

Mereka menyangka bisa melakukan perjalanan melawan arus dan bisa berhasil sampai ke dusun di atas desa tanjung lokang. Tapi kenyataan berkata lain. Batu yang tadinya seperti tersenyum, ternyata tersenyum sinis menertawakan petualangan mereka. Sungguh tempat menarik dengan berjuta tantangan. Anda seperti masuk dalam labirin ilusi.



Mulai mencari cara untuk melewati jeram maut Tanjung Lokang. Segala upaya mulai dipikir dan sebentar lagi akan dicoba. Sementara jeram maut Tanjung Lokang masih tetap tenang dengan permainan arus derasnya.



Akhirnya mereka harus mengakui kekalahan dan mulai menunggu ide terang selanjutnya. Tapi disela keterjebakan mereka di jeram maut Tanjung Lokang, mereka masih bisa tersenyum menikmati indahnya bebatuan dan alam di sana. Yaa mau gak mau harus kayak gitu. Katimbang manyun dan garuk-garuk kepala kebingungan... heheheheee



Ada yang unik dari foto ini gan. Coba perhatikan benar-benar, janggal atau kenyataan? Kalau mau tau penampakan lengkapnya perjuangan melalui jeram maut tanjung lokang, tunggu artikel selanjutnya ya. Insya Allah menarik dan banyak hal baru yang bakalan membuka mata anda dengan perjuangan dalam petualangan menantang jeram maut Tanjung Lokang.



Foto utama by: Abdillah Selalu

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments