Tuesday, November 21, 2017

Eksotika Pulau Lemukutan Bengkayang Kalimantan Barat

Prolog Pulau Lemukutan

Pulau lemukutan ibarat dunia kecil yang indah dengan segala kemanjaannya. Pulau lemukutan juga bukti cumbu indah lautan bersama terumbu karangnya. Ikan yang menari disela bebatuan, terumbu karang mencumbu sinar matahari, dan nyanyian merdu sang angin menghantarkan sepenggal cerita damai yang selama ini terlupakan. Itulah sebuah tempat yang hampir kita lupakan. Itulah tempat yang dulunya rindu pernah kita titipkan. Sebuah cerita cinta dan penantian, diantara indahnya pulau lemukutan.

pulau lemukutan

Itulah prolog pulau lemukutan yang bercerita tentang penggalan damai kehidupan anak manusia. Antara rindu, penantian, dan pulau lemukutan. Mungkin ini ada kaitannya dengan cerita bahwa dulunya ada putri raja cina yang diasingkan karena menderita penyakit. Dalam pengasingannya dia ditemani Patih gagah berani sampai akhirnya meninggal dalam cerita asmara yang tidak kesampaian. Patih itu namanya Lay Muk Tan, makanya pulau tersebut menjadi LEMUKUTAN.
Kalau ceritanya versi warga kampung, tapi kalau prolognya saya yang bikin. Sediakan minyak angin, sapa tau anda pusing setelah baca prolog, heee (sedia kresek sebelum muntah). Oh ya hampir lupa... pulau lemukutan termasuk dalam wilayah Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Lanjut...

Rute Perjalanan menuju pulau lemukutan

Dari Pontianak menuju daerah Sungai Duri sekita dua jam menggunakan mobil atau motor dengan kondisi jalan mulus, cantik, dan manis (kayak gadis perawan desa yang difilm-film). Selanjutnya menuju penyeberangan Teluk Suak dan dari sana naik perahu motor air menuju pulau lemukutan. Lama perjalanan dari Teluk Suak ke Teluk Cina di pulau lemukutan kurang lebih 1 jam. Nah yang saya lupa harga penyeberangannya gan, kemungkinan kisaran Rp. 25.000 sampai Rp. 35.000 pergundul alias perorang (maaf lama gak update). Kalau kalian menggunakan roda dua, bisa dititipkan disekitaran rumah penduduk di teluk suak, dijamin aman tentunya dengan harga tertentu (dijamin gak mahal gan).

pulau lemukutan

Penginapan di Pulau Lemukutan

Sekarang pasti nanya tempat nginapkan kan? nah kalau ini banyak disediakan oleh penduduk setempat pulau lemukutan. Kebanyakan wisatawan menginapnya sekitar desa melanau karena merupakan pusat desa di pulau lemukutan. Tapi tempat lain juga ada, tergantung selera mau nginap dimana. Kalau saya sih dimana tempat rasanya nyaman aja. Kalau mau sensasi beda, camping aja gan di sekitaran pantai, tapi tanya penduduk dulu, daerah mana yang aman untuk camping. Harga penginapan itu bervariasi, kadang tergantung kesepakatan juga. Kalau kalian negosiator ulung bisa jadi dapat harga murah.
Info terakhir biaya penginapan berkisar Rp. 250.000 sampai Rp. 350.000 untuk dua atau tiga hari dipulau lemukutan, tapi saya gak tau itu sudah plus makan apa belum. Biasanya itu sudah termasuk biaya makan. Tanya detil dulu sebelum sewa penginapannya gan, jangan main asal ketemu kasur langsung tidur.
pulau lemukutan

Ngapain aja di Pulau Lemukutan? 

Kalau anda bertanya ngapain di pulau? saya rasa anda kurang piknik. Yang jelas santai, lihat pemandangan laut, berenang, snorkling, ngajakin ikan ngobrol kek, bikin puisi cinta kek, mancing, naik perahu, dan lain sebagainya yang bisa membuat anda santai kayak dipantai dan slow kayak dipulau. Bikin aja kegiatan ringan tapi nyenengin hati gan. Namanya juga liburan asik, yaa nyarinya yang asik dan bisa bikin hati bahagia.

pulau lemukutan

Ini nih salah satu yang menarik di pulau lemukutan. Sunsetnya yang romantis, apalagi kalau dinikmati diantara bebatuan di bibir laut. Pasti sensasinya beda dengan di peinggir pantai yang terhampar pasir putihnya. Anda tinggal pilih mau yang mana.

pulau lemukutan

pulau lemukutan

Keindahan Pulau Lemukutan

Lalu keindahannya gimana? menjamin asik gak? Sebaiknya kalian lihat aja videonya kawan-kawan Borneo Skycam.



Sumber foto Panoramio - Borneo Channel - Big Step John - Big Step John - Borneo Channel

Bagikan

Jangan lewatkan

Eksotika Pulau Lemukutan Bengkayang Kalimantan Barat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.