Apa itu asam pedas ikan patin?

Asam pedas ikan patin adalah masakan yang di masak dengan bumbu asam yang digoreng lalu diberi kuah air sebagai kuah utama. Warna kuah cenderung kuning dan mempunyai cita rasa serta aroma yang gurih, sedap, serta menggoda lidah. Sedangkan ikan patin adalah ikan utama yang dimasak bersama kuah asam pedas tersebut, makanya namanya asam peda ikan patin.

Asam pedas ikan patin ini merupakan salah satu makanan favoritnya masyarakat Pontianak dan cukup terkenal dikalangan masyarakat Kalimantan Barat, terutama masyarakat melayu, bahkan termasuk sebagai salah satu kuliner khas melayu di Pontianak. Asam pedas ini bisa juga dimasak dengan ikan lainnya. Salah satunya adalah gabus sungai, toman danau sentarum, dan ikan lainnya yang banyak terdapat di aliran sungai kapuas. Bisa juga dimasak dengan ikan manyung, tengiri, dan ikan laur lainnya. Pokoknya bisa dimasak sesuai selera.

Manfaat Asam Pedas Ikan Patin

Ikan patin merupakan ikan sungai yang memiliki kandungan gizi sangat baik untuk kesehatan. Berdasarkan hasil dari penelitian, kandungan gizi di dalam ikan patin yang berupa lemak tak jenuh (USFA sebesar 50 %) sangatlah bagus untuk mencegah terjadinya resiko penyakit Kardiovaskular.

Lemak tak jenuh juga bermanfaat untuk menurunkan besarnya kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang terkandung di dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengurangi terkena penyakit jantung koroner. Jika di lihat dari rendahnya kadar kolesterol yang terkandung dalam daging ikan patin ( 21-39mg/100 gram), maka manfaat ikan patin sangatlah bagus bagi anda yang sedang menjalankan program diet karena bisa mengurangi asupan kolesterol harian di dalam menu makanan anda. (Tribun News:17/4/2013)

Saya gak menerangkan cara membuat kuliner asam pedas ikan patin ya gan, karena sudah banyak di share di mbah google. Saya hanya mengantar lihat-lihat sajian kulinernya saja. Biar selera makan anda timbul alis ngiler. heee



Lihat sajiannya aja udah bikin ngiler, apalagi kalau nyicipin kulinernya gan. Dijamin mantab dengan sensasi rasa yang tiada tara. Lebih baik rasakan sendiri kuliner asam pedas ikan patin pontianak ini, lalu cerita ke saya sensasi rasanya.

Video cara membuat asam pedas ala kang kumis



Lebih baik lagi kalau anda ajak saya, nanti saya tunjukkan dimana masakan asam pedas ikan patin yang lezat di Pontianak. Saya tunggu petualangan rasa asam pedas ikan patin anda kalau ke Pontianak.



Sumber foto: Kuliner Kalimantan Barat - Pontianak Post
Youtube by Resep Masakan Kang Kumis

Share this:

Related Posts

Show Disqus Comment Hide Disqus Comment

Disqus Comments