Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Air Terjun Tujuh Tingkat Riam Dait

Apa sih keunikan Air terjun tujuh tingkat riam dait?

Air Terjun tujuh tingkat Riam Dait mempunyai pemandangan indah dan mempesona. Wajar kalau dikatakan mempunyai keindahan spektakuler, karena air terjun riam dait tidak bertingkat secara paralel langsung, melainkan mempunyai tujuh tingkat air terjun dengan akses tempat menarik tersendiri pada satu lokasi yang sama, yaitu di dusun Kelapuk, Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Sekilat tentang riam dait menurut wikipedia

Air Terjun tujuh tingkat Riam Dait atau Air Terjun Rombo Dait Tujuh Tingkat atau Air Terjun Rembo Dait adalah sebuah air terjun dengan tipe multi-step karena memiliki beberapa undakan air terjun disepanjang punggungan bukit, meski terpaut cukup jauh. Tinggi Air Terjun Riam Dait pada tingkat pertama sekitar 60 meter. Pada tingkat dua hingga ke tujuh, ketinggiannya berkisar 20-30 meter. Pada setiap tingkatan, air terjunnya ada yang berbentuk melebar dan ada pula dalam bentuk berundak-undak kecil. Air Terjun Riam Dait berada di aliran Sungai Dait sebelum terjun ke dataran rendah Patahan Dait.

Air Terjun Riam Dait terletak pada ketinggian dataran sekitar 200 meter diatas permukaan air laut. Keindahan Air Terjun Riam Dait terletak pada besar debit airnya. Selain itu, di sekitarnya atau disetiap kolam dibawah curahan air terjun terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu ditemui di air terjun lainnya. Tentunya akan lebih seru jika berkemah di areal ini, sensasinya hampir sama dengan berkemah di pantai karena pasir putihnya. Pilihan berkemah juga sangat tepat, karena dengan itu bisa menjelajahi 6 riam lainnya dengan waktu yang lebih fleksibel. Selain itu lokasinya yang terletak ditengah Hutan membuat pemandangan di sekitarnya yang merupakan hutan hujan Kalimantan yang masih sangat alami.

Air Terjun Riam Dait berlokasi di Desa Sekendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Air terjun tujuh tingkat Riam Dait berjarak lebih dari 54 Km dari Kota Ngabang yang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat selama 3 jam menuju arah Serimbu. Setibanya di pertigaan perbatasan Semuntik-Sekendal belok kanan menuju arah Sanggau. Setelah sekira 5 Km berkendara akan menemui petunjuk jalan di kiri jalan menuju Air terjun Riam Dait dengan kondisi jalan tanah sehingga sangat riskan dan sulit dijangkau jika cuaca hujan atau selepas hujan karena berberapa jalan akan berlumpur. Setelah 30 menit akan sampai di tempat pemberhentian kendaraan, dan dilanjutkan berjalan kaki 30 menit menuju air terjun.

Pemandangan sekitar air terjun tujuh tingkat riam dait



Air terjun tujuh tingkat riam dait ini mempunyai cerita berbeda, tempat berbeda, akses berbeda, nuansa berbeda, pemandangan berbeda, dan tentunya sensasi keindahan berbeda. Pokoknya ngomongin Riam Dait, gak lengkap kalau kalian tidak mengunjunginya langsung, baru kalian bisa merasakan sensasi keindahan spektakuler sebagai petualang dan penikmat keindahan ciptaan Tuhan.



Pesona spektakuler air terjun tujuh tingkat riam dait tidak terlalu ramai pengunjung, apalagi hari biasa atau salah satu objek wisata yang termasuk jarang dikunjungi wisatawan luar. Kebanyakan yang berkunjung hanya wisatawan lokal. Hal ini karena susahnya akses menuju lokasi air terjun tujuh tingkat tersebut. Apalagi kalau musim hujan, jalannya berubah menjadi sangat ekstrem, padahal pada musim hujan ini juga debit airnya sangat banyak dan air terjunnya sangat indah dengan limpahan airnya.



Tuh gan air terjun dengan pasir putihnya. Kalau gak disebutkan tempatnya mungkin anda mengira ini dipinggir pantai, padahal dilereng dait kabupaten Landak Kalimantan Barat. Mantab kan, air terjun, pasir putih, dan hutan lebat yang mempesona. Lengkaplah sudah keindahan yang saling mendukung antara ketiganya. Bukan bini tiga ya bos...



Sebagian orang lebih memilih suasana hutannya sambil mencari suatu yang unik di sekitarannya. Atau mendaki ke arah puncak menuju ke air terjun tingkat selanjutnya. Sungguh petualangan yang penuh tantangan dan pesona alam yang memanjakan mata dan hati dengan indahannya.



Video jelajah air terjun tujuh tingkat riam dait

Oh ya, saya hanya mengantar anda melihat sekitaran air terjun ini ya, kalau gak salah ini air terjun di tingkat ke empat. Konon kabarnya tingkat ke tujuh jarang di naiki orang, termasuk orang kampung setempat juga enggan menaikinya. Ada juga yang meyakini kalau naik ketingkat ke tujuh, gak cukup bekal bisa gak pulang-pulang lagi gan, bahkan ada yang meyakini bisa mengantarkan nyawa aja naik ketingkat terakhir tersebut.




Saya hanya mengantarkan anda dengan foto disekitaran air terjun tujuh tingkat riam dait ini aja. Sisanya silahkan anda saksikan video lainnya.
  1. Pesona spektakuler air terjun tujuh tingkat riam dait
  2. Ekspedisi NMax Rute Riam Dait
  3. Dokumentasi jajagitrip



Video by Pontianak Traveller

Advertiser