Media informasi seni budaya Kalimantan Barat

Siapa Sebenarnya Wak Saloi

Kalau di Pontianak cerita wak saloi sangat populer karena cerita ini dipenuhi bumbu kocak yang bisa membuat perut anda sakit karena tertawa. Kalau di Banjarmasin ada cerita Palui yang cerita dan kekonyolan kurang lebih sama dengan tokoh wak saloi Pontianak. Selain itu cerita wak saloi ini juga mengandung pesan moral dalam pergaulan sehari-hari dan beberapa nasehat untuk menjalani kehidupan, walau kadang pesan itu agak kabur karena tertutup kekonyolan tokoh dalam cerita tersebut.

Oh ya, ada juga yang bilang aslinya cerita wak saloi ini dari Sambas. Tapi saya mengangkat berdasarkan cerita yang beredar umum di kota Pntianak. Nah pertanyaannya sekarang, pernah gak kamu mengira ada yang aneh pada tokoh cerita wak saloi tersebut sehingga menimbulkan pertanyaan kontroversi? penasaran pengen tau 10 pertanyaan mencengangkan tentang tokoh cerita wak saloi? lanjut bacanya gan... oh ya jangan lupa kopi sama rokok dan kue biar santai alias gak tegang (dilarang merangsang).
  • Tau gak kamu kalau wak saloi itu orang mana? Saya rasa gak ada yang tau wak saloi itu asalnya dari mana. Yang jelas petualangannya seputaran Pontianak. Tapi jangan khawatir, anda tidak diwajibkan mengetahui asal si saloi dan baca atau mendengar ceritapun sampai sekarang masih gratis.
  • Tau gak kamu umurnya wak saloi itu berapa? Yang jelas kalau dipanggil wak itu udah cukup tua, walau gak tua-tua banget kali ya? Anda juga tidak perlu mendata seberapa tua tokoh wak saloi Pontianak, karena semasa hidupnya gak ada yang namanya KTP, apalagi KTP elektronik.
  • Tau gak kamu rumah wak saloi dimana? Saya pernah nanya sama kawan yang cerita dimana rumahnya si wak saloi. Ada yang bilang dekat keraton, tapi keraton mana gak jelas. Sampai ada yang bilang dikawasan imbon. Sampai sekarang belum ada fakta jelas mengenai keberadaan rumah wak saloi. Tapi jawabnya ada dihati anda, heee...
  • Tau gak kamu wak saloi itu makannya apa? Yang jelas makanan khas Pontianak, kayak asam pedas, selada, bingke, minumnye kopi kalau nongkrong, dan sotong pangkong. Kalau ente gak percaya tanya aja sendiri. Tapi mana kita tau kalau dia juga pernah makan kerupuk basah kapuas hulu sampai hamburger. Bisa aja kan gan?
  • Tau gak kamu baju yang dipakai wak saloi baju apa ya? Karena wak saloi adalah cerita masyarakat Melayu Pontianak, makanya banyak ilustrasi tentang dia menggunakan pakaian Melayu Pontianak dan ada Tanjaknya dikepala (kadang memakai peci). Tapi yang tukang gambarnya apa memang udah melihat dia pake pakaian itu? Sapa tau wak saloi pake jas, kan jaman itu jas udah masuk ke Pontianak. Sekali lagi gak usah dipusingkan karena tidak wajib.
  • Tau gak kamu wak saloi itu anak siapa? gak ada yang tau kan? Gak mungkin kan dia langsung muncul dengan sendirinya. Yang jelas orang tuanya pasti bijak dan termasuk lucu juga. Karena buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, kecuali larut terbawa air atau ditiup angin ribut. Ini juga tidak wajib diketahui, karena tidak termasuk kewajiban anda sebagai warga negara manapun.
  • Tau gak kamu kalau wak saloi itu orang sakti? Yang satu ini saya yakin kalau wak saloi itu orang sakti. Karena dari berbagai cerita wak saloi itu jarang kalah atau sebagai objek penderita. Kecuali ada cerita versi baru. Jadi kesaktiannya ada diakal cerdasnya wak saloi. Yang jelas tidak menggunakan ilmu hitam, apa lagi ilmu abu-abu.
  • Tau gak kamu kalau cerita saloi mengadopsi cerita pewayangan menurut beberapa orang? Kalau ini saya gak percaya, karena dalam cerita wak saloi tidak pernah saya mendengar adanya tentang dewa dewi, tentang pandawa dan kurawa, dan tentunya tentang mahabharata. Bagi yang kebanyakan nonton film religi india ini mungkin terbawa emosi aja kali gan. Yang jelas cerita saloi itu ceritanya masyarakat Melayu Pontianak.
  • Tau gak pekerjaan wak saloi itu apa dan dimana? Yang jelas bukan ditaman budaya kalbar walau ceritanya kebanyakan menyerupai tradisi lisan orang Melayu Kalbar. Kayaknya wak saloi itu tidak perlu kerja, karena dia udah banyak punya usaha yang dijalankan anak buahnya. Ini versi saya ya gan, jadi gak usah protes. Kalau versi anda apa?
  • Tau gak kamu apakah wak saloi itu masih hidup sampai sekarang? ini juga gak ada yang tau. Kalau wak saloi yang di TVRI Kalbar, itu sampai sekarang masih segar bugar, karena saya kenal dengan beliau. Tapi tokoh sebenarnya wak saloi gimana kabarnya sekarang? Gak ada yang tau kan? yang jelas tokoh wak saloi itu hidup sampai sekarang bersamaan masih adanya cerita wak saloi di masyarakat Kalbar. Sekali lagi saya tekankan ini tidak wajib diketahui. Yang perlu anda lakukan adalah mendengarkan dengan tenang dan santai sambil menelaah pelajaran moral dan kehidupan dalam cerita wak saloi. Itu yang bisa menghidupkan anda dalam bermasyarakat. 
Masih ada yang belum anda tanyakan tentang wak saloi? Silahkan lemparkan pertanyaan anda tentang wak saloi di komentar. Jangan kuat-kuat melemparnya. Nanti kena kepala benjol gan.

Advertiser